Masuk
MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

Karwadi, S.Ag. Raih Juara Terfavorit 1 pada Kompetisi Video Baca Puisi

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara kembali mengukir prestasi. Kali ini lewat salah satu gurunya yang bernama Karwadi, S.Ag. pada Kompetisi Video Suka Baca Puisi. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Yayasan Jungpara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang bertepatan pada Hari Kamis (20/5/2021).

Kompetisi ini diambil dari peserta lomba baca puisi yang sebelumnya diadakan oleh Disdikpora untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Kemudian semua video peserta diupload lagi melalui Channel Youtube Yayasan Jungpara. Ada sebanyak 164 video dari kompetisi Suka Baca Puisi. Sampai batas waktu yang ditentukan oleh Panitia, Video Baca Puisi karya Karwadi, S.Ag. berhasil mendapat jumlah “like” terbanyak dan berhak meraih Juara Terfavorit 1.

Penyerahan penghargaan pada kompetisi ini diberikan oleh langsung oleh Ketua Yayasan Jungpara, Sarjono, S.E., Ahad (14/11/2021). Karwadi, S.Ag. sangat bersyukur atas raihannya dalam prestasi ini. Meskipun bisa dikatakan usianya tidak muda lagi, tetapi tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berprestasi. (syah)

MA dan MTs. MH Troso Peringati Maulid Nabi Muhammad 1443 H dan Hari Santri Nasional 2021

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh sivitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso berkumpul di halaman untuk mengikuti Peringatan Hari Besar Islam, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. 1443 H dan Hari Santri Nasional Tahun 2021, Kamis (20/10) kemarin. Seluruh siswa dan guru memakai pakaian serba putih dalam acara ini dengan membawa bekal nasi dan lauk untuk makan bersama (kepungan atau bancaan).

Lihat galeri kegiatannya - klik

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB di halaman Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso dengan dipimpin oleh Zairzalif Izzana (XII IPA-3) dan Rahma Fitriani (XII IPS-3) sebagai pembawa acara. Serangkaian acara telah disusun untuk mengisi peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri kali ini. Mulai dengan Istighatsah yang dipimpin oleh Ustad H. Ismail, S.Pd.I. dilanjutkan dengan Bacaan Tahlil yang dipimpin Ustad Noor Ubaidillah, S.Pd.I.

Kemudian Acara Inti Maulid Nabi yaitu dengan lantunan sholawat nabi dan pembacaan Albarzanji ditugaskan kepada para siswa kelompok rebana gabungan dari siswa Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso yang dibimbing oleh Bapak Ilham Luthfi. Siswa begitu antusias mengikuti acara Maulid Nabi ini. Usai Maulid Albarzanji barokah doa dipimpin oleh Ustad Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

Dilanjutkan mauidloh hasanah oleh Ustad Muhammad Arsyad, beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan betapa mulianya ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW. “Ajaran Nabi Muhammad SAW. adalah mata air yang jernih, sungai-sungai yang besar ibaratnya adalah para kyai, alim ulama.” Ungkapnya.

Beliau berpesan agar siswa-siswi menjadi manusia-manusia yang sholeh-sholehah. Karena hanya amal sholehlah yang nantinya dapat menyelamatkan manusia dari api neraka. Beliau juga mengingatkan khusus para siswa agar selalu menjaga kehormatannya. “Kalian putri-putri harganya mahal, tidak usah diobral-obral, tidak usah posting-posting foto yang mengubar aurat di sosial media”, pungkasnya. (Syah)

Hebat ! Siswa MAMH Troso Pecangaan Jepara Juara I Cerkas dan Juara III Bercerita – Hari Museum Nasional

Troso, MAMHTROSO.com - Bertepatan pada Hari Museum Nasional, Madrasah Aliayah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara, menerima penghargaan atas prestasi yang diperoleh yaitu Juara III lomba bercerita Bahasa jawa dialek jepara dan Juara I Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kebudayaan yang diselenggarakan oleh Museum R.A. Kartini Jepara, Selasa (12/10/2021).

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Prestasi Juara III lomba cerita jawa berdialek Jepara diperoleh oleh Rahma Fitriyani (XII IPS 3) yang sebelumnya membawakan cerita dengan judul “Suronggotho” pada hari Kamis (30/9) di Museum R.A. Kartini Jepara.

Adapun pada LCC Kebudayaan, tim yang diketuai oleh Dwi Alfina Rizqiana Safitri (XI IPA 2) dengan anggota Intan Afriza Attatin Maliha (XI IPA 2) dan Fatimatuz Zahroh (X IPS 2) berhasil memperoleh Juara I dan mengalahkan tim lain dari SMA/Sederajat se-Kabupaten Jepara pada babak penyisihan dan babak final pada Kamis (7/10).

“Prestasi ini membuktikan bahwa meskipun di masa pandemi, siswa-siswi masih tetap bisa berkarya sekaligus melestarikan budaya dan sejarah bangsa khususnya tentang R.A. Kartini dan Jepara di Hari Museum Nasional. Semoga, hal ini bisa menginspirasi siswa-siswa yang lain untuk terus semangat belajar dan berprestasi”, Ungkap Siska Noviana Dewi, Guru Pembimbing tim MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. (Sis/Syah).

Taliban Minta Turki Berperan Aktif Bantu Afghanistan

MAMHTROSO.COM -- Pejabat Kementerian Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi menyatakan, Turki dapat memainkan peran aktif dalam berinvestasi, merealisasikan beberapa proyek, merenovasi, dan memulihkan Afghanistan. Dukungan tersebut dapat dilakukan dengan mempertimbangkan sumber daya yang sudah dimiliki Ankara.

Muttaqi memimpin delegasi Taliban dalam kunjungan resmi ke Turki pada pekan lalu. Dia datang untuk membahas masalah bilateral dan kerja sama tentang masa depan Afghanistan.

Dalam kesempatan itu Muttaqi seperti dikutip Anadolu Agency  mengatakan, pengakuan resmi pemerintah Taliban dan bantuan internasional sangat penting bagi pemulihan ekonomi Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Muttaqi mengadakan pertemuan membahas isu-isu terkait dengan pengakuan resmi terhadap Taliban dan aset milik Afghanistan yang diblokir oleh Amerika Serikat (AS)

Pembekuan cadangan oleh AS setelah pengambilalihan Taliban, menurut Muttaqi, melanggar hukum internasional dan hak asasi manusia. Dia menekankan uang yang diblokir oleh AS dikirim dari negara lain untuk pembangunan Afghanistan. "Pertanyaan sebenarnya adalah, mengapa uang ini diblokir? Apa yang dilakukan warga Afghanistan?" ujar Muttaqi.

Menurut Muttaqi, AS dan negara-negara lain mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan harus diberikan kepada Afghanistan dan hak asasi manusia harus diberikan. Namun, mereka membiarkan rakyat Afghanistan yang berpenduduk sekitar 40 juta jiwa tanpa kebutuhan pokok.

Muttaqi berharap masalah ini dibawa ke permukaan oleh otoritas Turki. "Seperti yang telah kami katakan dalam pertemuan kami dalam beberapa hari terakhir, dalam pertemuan dengan delegasi AS dan Uni Eropa di Doha, dan dalam pertemuan kami di Turki, negara-negara seperti itu telah didirikan di dunia, beberapa di antaranya telah dicapai dengan paksa, kudeta atau pemilu di mana satu orang atau keluarga dominan. Mengapa ini diakui tetapi pemerintah di Afghanistan tetap menjadi negara de facto?," katanya.

Muttaqi mengatakan ini adalah perampasan hak-hak warga Afghanistan dan mengatakan situasi tersebut memiliki efek negatif pada perekonomian Afghanistan. Dia mencatat bahwa bantuan kemanusiaan yang dikirim dari seluruh dunia telah didistribusikan dan AS dan Uni Eropa menjanjikan bantuan dalam pertemuan sebelumnya dengan delegasi. Dwina Agustin

https://www.republika.co.id/berita/r15r93377/taliban-minta-turki-berperan-aktif-bantu-afghanistan

 

Berlangganan RSS feed