Masuk
MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-1 Semester Gasal TP. 2018-2019 Sedang Berlangsung

Troso, MAMHTROSO.com – Untuk kali pertama pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018-2019 Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso adakan Pekan Ulangan Bersama (PUB) mulai hari ini, Rabu kemarin  (19/9/2018). Dan rencananya akan dilaksanakan selama 4 hari ke depan sampai Hari Ahad besok (23/9/2018).

Diikuti oleh seluruh siswa MA Matholi’ul Huda Troso yaitu sebanyak 61 orang siswa Kelas X MIA, 87 orang siswa Kelas X IIS, 107 orang siswa Kelas XI IPA, 98 orang siswa Kelas XI IPS, 106 orang siswa Kelas XII IPA, dan 99 orang siswa Kelas XII IPS. Total peserta PUB I Semester Gasal kali ini mencapai 558 orang siswa yang terbagi menjadi 17 ruangan.

Pekan Ulangan Bersama ini adalah salah satu bentuk evaluasi hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaan sebanyak satu atau dua Kompetensi Dasar (KD). Bentuk evaluasi pembelajaran ini seperti halnya ulangan harian akan tetapi terorganisir secara sentral dari madrasah dan dilaksanakan dengan bersamaan sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh panitia.

Peserta PUB juga menempati ruangan yang telah disiapkan denah tempat duduk sistem silang dengan kelas yang lain sebagaimana ulangan akhir semester. Cuma perbedaannya adalah soal yang diujikan kepada siswa adalah dari guru yang mengajarnya sendiri. Sehingga soal-soal yang diujikan lebih tepat sasaran sesuai dengan KD yang diajarkan. Soal yang diujikan dalam PUB berjumlah 5 – 15 buah yang semuanya berbentuk uraian dengan durasi waktu mengerjakan sekitar 40 - 50 menit.

Di MA Matholi’ul Huda Troso PUB ini adalah pengganti dari evaluasi konvensional Ulangan Tengah Semester (UTS). PUB sudah sejak lama diadakan di MA Matholi’ul Huda Troso dengan berbagai format dan teknis telah dievaluasi agar dapat berjalan dengan efektif. PUB ini ditetapkan sebagai agenda rutin madrasah dua kali dalam satu semester dengan meniadakan Ulangan Tengah Semester. Meskipun begitu MA MH Troso tetap mengikuti Ulangan Akhir Semester (UAS) dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) dan Kemenag.

Ada sebanyak 16 Mata Pelajaran yang diujikan kepada setiap jurusan dalam PUB kali ini. Mapel Umum yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dan PKn. Jurusan IPA yaitu Biologi, Kimia, Fisika, Lintas Minat Sosiologi, Lintas Minat Geografi, dan Matematika Peminatan. Jurusan IPS yaitu Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Lintas Minat Biologi, Lintas Minat Kimia, dan Sejarah Peminatan. Sedangkan untuk Kelas XI dan XII ditambah dengan Keterampilan Grafis, Penjaskes, dan TIK. (Syah)

Inilah Penampakan 17 Kelas dari Lomba Dekorasi Kelas dan 5K di MA Matholi’ul Huda Troso Tahun 2018

Juara 1 - Show of Mobile Legend (XII IPA-3)

Tema yang diangkat kelas ini dari Game Online yang sangat fenomenal saat ini “Mobile Legend”. Di dinding bagian belakang terdabat berbagai macam karakter game yang disusun dengan gaya display lengkap dengan background sebagaimana ada di game tersebut. Warna biru dongker mendominanasi kelas ini, dengan warna kuning sebagai variasinya. Pewarnaannya sangat tajam dan kontras, sehingga siapapun yang masuk ke kelas ini akan merasakan suasana yang berbeda. Dan yang paling membedakan dengan kelas lain adalah setiap oranamen yang dibuatnya terlihat rapi, detail, dan menyatu dengan tema yang diangkat.

Juara 2 - Negeri Salju (XII IPA-1)

Ketika masuk di kelas ini memang terlihat nuansa dingin sebagai mana salju. Karena dominan kelas ini berwarna biru dan putih sebagaimana warna dasar salju. Dinding bagian belakang terdapat lukisan gunung-gunung es, kemegahan istana-istana, rumah-rumah khas di daerah es, dan danau yang membeku. Yang menjadi mencolok pada kelas ini adalah terdapat ratusan lukisan bintang di dinding bagian atasnya dan bagian langit-langit juga tidak luput dari lukisan langit sebagaimana di negeri salju.

Juara 3 - Pesona Air Terjun (XI IPS-1)

Pertama kali ini ada perwakilan Kelas XI IPS masuk ke 3 besar. Tidak tanggung-tanggung Kelas ini begitu nampak sangat indah di foto. Dinding belakang terdapat lukisan Pemandangan air terjun, gunung, pohon-pohon cemara, burung, sungai yang jernih. Disamping kanan kiri juga dilukis tebing-tebing sungai yang tumbuh pohon-pohon hijau. Di bagian depannya terdapat pohon besar yang di belakangnya ada air terjun kecil yang indah. Sungguh mengagumkan.  

Peringkat 4 - Ramayana (XII IPA-2)

Diadopsi dari cerita legenda percintaan antara Rama dan Shinta. Pada dinding belakangnya terdapat gambar central animasi tokoh dari Ramayana. Ada Rama, Shinta, Rahwana, dan Anoman. Sementara disamping-sampingnya terdapat gambar istana dan kereta kencana yang kendarai oleh Rama. Pose Rama dengan membentangkan panahnya terlihat diberbagai sisi dinding kelas. Gradasi warna yang halus menjadi keunggulan kelas ini.

Peringkat 5 - Indonesia Independence (XI IPA-3)

Desain gambar kelas ini pengembangan dari Doodle Art. Kalau biasanya doodle art lebih didominasi dengan warna hitam putih, kali ini mereka menggambar doodle art dengan tema kemerdekaan Indonesia dengan warna-warna yang kontras. Sesuai dengan temanya, pada dinding belakangnya terdapat gambar animasi orang yang sedang merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Terdapat juga ornamen-ornamen ukir yang menjadi salah satu ciri khas Indonesia.

Peringkat 6 - Dayak Kalimantan (XII IPS-3)

Cukup mengagumkan hasil karya dari Amin, dkk. ini. Karena pada tahun-tahun sebelumnya di kelas X dan XI hasilnya karyanya masih kurang terlihat. Kali ini dengan tema Dayak Kalimantan, hampir seluruh dinding kelasnya di lukis dengan ornamen-ornamen khas dayak. Bahkan hampir tidak ada ruang kosong di dinding-dindingnya. Warna dominasi kuning dan coklat muda dengan motif khas kalimantan juga digambar di sekeliling kelas baik bagian depan belakang samping kanan dan kiri. Dari segi hiasan memang luar biasa, namun ada beberapa hal yang menyebabkan kelas ini merosot ke peringkat 6, yaitu dari kebersihan meja kursi dan kelengkapan lainnya.

Peringkat 7 - The Moba Analog (XI IPA-1)

Tema yang sama dengan Kelas XII IPA-3, namun pada kelas mengambil sisi gambar yang berbeda. Dinding kelas yang didominasi dengan warna biru. Sementara dinding bagian belakangnya terlihat sentral karakter pada game Mobile Legends, namun tidak dilengkapi dengan lukisan backgrond yang menyatu dengan karakter yang digambarnya. Tampak samping kanan, kiri, dan depan terkesan desainnya minimalis dengan beberapa hiasanya karakter game yang digambar kecil.  

Peringkat 8 - Doraemon (XI IPA-2)

Tema yang tidak asing lagi “Doraemon” kartun dari Jepang ini juga ikut menjadi bagian di Lomba Dekorasi Kelas dan 5 K Tahun 2018. Dinding bagian belakang dilukis karakter-karakter yang ada di Film, mulali dari Doraemon, Nobita, Soneo, Jayen, dan Sisuka. Yang paling mengesankan di kelas ini yaitu di sekeliling dinding kelasnya digambarkan hampir 60-an karakter Doraemon yang disusun berjejeran dengan warna backgroud warna-warni yang menggambarkan suasana ceria.  

Peringkat 9 - Keindahan Panorama Gunung (X IIS-3)

Dinding bagian belakang terdapat lukisan pemandangan suasana sungai lengkap dengan batu-batuannya, rumput dan pohon hijaunya, serta 2 burung yang saling berhadapan. Memang dari dekat goresannya belum terlalu halus namun sudah terlihat suasana nyata yang menggambarkan hutan dan sungai. Di sisi bagian kanan-kirinya terdapat variasi biru tua koombinasi dengan biru muda yang ditambah dengan motif ukiran kecil di bagian atasnya.  

Peringkat 10 - Kungfu Panda (XI IPS-3)

Diangkat dari Film animasi asal China, Kelas XI IPS-3 ini membuat background yang menggambarkan bangunan gerbang tempat perguruan kungfu khas China. Dengan dikelilingi batu-batu pondasi, bambu-bambu khas China juga digambarkan disudut-sudut kelas.

Peringkat 11 - Asian Games 2018 (XII IPS-1)

Kemeriahan Asian Games 2018 masih terasa di Kelas ini. Bhin Bhin Atung Kaka sebagai maskot ajang lomba se-Asia itu tergambar di bagian sentral dinding belakang. Dengan background kota metropolitan gedung ditambah kombinasi warna-warni khas logo Asian Games 2018. Dibagian sekeliling dinding bawah terdapat motif ukir dengan warna kontras yang didominasi warna biru dongker dan warna kuning. Bendera Merah Putih juga di bentangkan di bagian depan kelas.

Peringkat 12 - Boruto (XI IPS-2)

Diangkat dari kartun Anime Jepang, Boruto anak dari Naruto ini menjadi tema Kelas XI IPS-2. Di tengah-tengah dinding belakang terdapat tokoh-tokoh Film Anime tersebut yaitu Sasuke, naruto, Kawaki, Boruto Uzumaki, Momoshiki Otsutsuki, Kinshiki, Himawari Uzumaki, Mitsuki, Sarada, dll. Kemudian sebagai backgroundnya terdapat kombinasi warna matahari khas Jepang.

Peringkat 13 - The Secret of The Forest (X MIA-1)

Tema tersebut ingin menggambarkan keindahan hutan yang masih alami tanpa terjamah manusia. Dibalik lebatnya pohon-pohon terdapat sungai yang mengalir jernih ditambah dengan bunga yang warna-warni. Terlukis juga 3 burung kaswari yang sedang hinggap di tepi-tepi sungai. Sementara di tepi kanan kiri kelas dindingnya dilukiskan bunga-bungan yang besar berwarna merah kekuning-kuningan dan juga yang berwarna merah keputih-putihan.

Peringkat 14 - Musisi WPAP Slank (XII IPS-2)

WPAP atau Wedha's Pop Art Potrait adalah suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang bersaling silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna-warna khusus. Teknik melukis ini ditemukan oleh Wedha Abdul Rasyid, seniman grafis asal Pekalongan, Jawa Tengah, pada tahun 1990. Kelas XII IPS-2 menampilkan musisi idola mereka dengan seni WPAP ini. Terdapat lukisan WPAP Grup Band Fenomela Indonesia di dinding bagian belakang “Slank” 5 anggota lengkap. Dari tengan ada Bimbim, Abdi, Kak, Ivan dan Ridho. Backgroundnya masih menggunakan warna-warna yang kontra. Di bagian depan kelas juga ada lukitas gitaris fenomenal internasional dari Grup Band Beraliran Heavy Metal Rock “Evenged Seven Fold” yang bernama Sinester Gates.  

Peringkat 15 - Superhero Squad (X MIA-2)

Di Kelas ini terdapat gambar-gambar kartun superhero, mulai dari Captain America, Falcon, Flash, Logan X-Man, Tanos, ada juga Iron Man dan Spyderman di samping kanan dan kiri dinding kelasnya. Sebetulnya setiap karakter yang digambar di dinding kelas ini goresannya terlihat halus, akan tetapi karena konsepnya kartun dan background kombinasinya kurang pas sehingga menempatkan mereka di urutan ke-15.  

Peringkat 16 - Smurfs (X IIS-2)

Smurfs adalah nama seri komik dan juga nama suku fiktif berkulit biru dan berukuran kecil yang diciptakan penulis Belgia, Peyo. Para Smurf dikisahkan hidup si sebuah hutan di Eropa. Dinding yang didominasi warna hijau cerah dikoombinasikan dengan coklat tua dan coklat muda di bagian bawah dindingnya. Di dinding bagian belakangnya terdapat gambar besar beberapa karakter smurfs yang naik dalam sampan. Disamping kanan kiri kelas terlihat gambar jamur-jamur dan berbagai macam adegan yang terdapat di kisah komik tersebut.

Peringkat 17 - Nemo Badut (X IIS-1)

Mengangkat tema dari sebuah film animasi grafik komputer buatan Amerika Serikat yang berjudul “Nemo”. Di dinding belakangnnya terlukis karakter-karakter film tersebut yaitu Nemo, Dory, Hank, dll. Pemandangan bawah laut juga turut sebagai pelengkapnya. Dengan dominasi warna biru pemandangan bawah laut tergambar di kelas ini. Sementara untuk dinding bagian bawahnya semuanya dicat warna krem menyerupai warna pasir yang ada di dasar laut.

من فعل مكفِّرًا جاهلًا هل يزول عنه اسم الإسلام؟

السؤال
في مسألة الشرك الأكبر، نعلم أنه يجب عذر الجاهل في إسقاط الحكم قبل قيام الحجة، لكن هل نسقط عليه الاسم؟ الاسم والحكم يفترقان قبل الحجة، ويجتمعان بعدها في مسألة الشرك الأكبر.
الإجابــة
 

 

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله، وصحبه، أما بعد: 

فمن كان مسلمًا يشهد الشهادتين، وارتكب مكفرًا جاهلًا بتحريمه، وأن الشرع أتى بالنهي عنه؛ فإنه معذور بجهله، ولا يزول عنه اسم الإسلام في الدنيا، وهو في الآخرة كذلك معذور عند الله تعالى.

هذا إن كان ما فعله من المكفرات مما يجري فيه العذر بالجهل، فلا يحكم بكفره، وخروجه من الإسلام إلا بعد قيام الحجة التي يكفر جاحدها، ولا يسمى مشركًا وإن كان ما فعله من الشرك، هذا ما قررناه في فتاوى كثيرة جدًّا، انظر منها الفتوى رقم: 172957، ورقم:164829.

والله أعلم.

http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=383074

 

Kecerdasan Kolektif

Apa yang dilakukan Nabi Muhammad dengan Islam adalah mencoba membuat kecerdasan kolektif (swarm intelligent). Seperti semut dengan kecerdasan komunalnya.

Kecerdasan kolektif tidak dibentuk oleh satu atau dua orang pandai, tapi dibuat oleh interaksi antar manusianya. Contohnya adalah Piagam Madinah.

Sabrang Mowo Damar Panuluh

https://www.caknun.com/2018/kecerdasan-kolektif/

Berlangganan RSS feed