Masuk

Jamaah Asal Inggris Ini Sudah 30 Kali Naik Haji

MAMHTROSO.COM – Setiap kali musim haji tiba, jutaan umat muslim di seluruh dunia berbondong-bondong mendatangi kota suci Makkah. Semua menyambut suka cita dan melakukan prosesi ibadah haji secara khusyuk dengan didampingi oleh seorang pemimpin kelompok jamaah haji pada masing-masing negara.

Mohammad Mustapha Briton merupakan salah satu pemimpin haji dari Inggris. Pada musimm haji tahun ini setidaknya ia sudah 30 kali naik haji sambil mendampingi para jamaah dari negaranya. Setiap kali bertugas, Mohammad berkewajiban untuk membimbing mereka agar dapat melaksanakan ibadah haji melalui tahap yang dianjurkan secara khusyuk.

 
"Saya juga bertugas menjadi penerjemah dan membimbing mereka melaksanakan ibadah haji. Saya merasa bangga kepada pekerjaan saya ini, pekerjaan ini juga saya anggap sebagai tugas negara untuk membantu para jamaah dari negara saya sendiri,” kata Mohammad seperti yang dilansir Saudigazette.com, Ahad (18/9).
 
Mohammad pun mengaku sangat senang dengan pekerjaannya saat ini. Apalagi ia juga dapat membimbing para jamaah yang baru pertama kali melaksanakan ibadah haji. Biasanya banyak yang tidak terlalu paham dengan proses haji. Meski mereka terlihat bingung, namun raut kebahagiaan tetap tampak di wajah mereka.

Melihat kebahagiaan jamaahnya tersebutlah yang akhirnya membuat Mohammad juga menjadi ikut senang dan bahagia dengan pekerjaan yang dijalankan saat ini. Hal ini sudah bertahun-tahun selalu ia dapatkan ketika musim haji tiba.

“Saya menjadi tahu dan paham tentang agama islam dan bisa membangun jaringan-jaringan dan relasi yang baik dengan para jamaah. Saya sendiri, memiliki empat anak laki-laki dan mereka semua melakukan ulasan haji bersama ibu mereka di bawah bimbingan saya. Ayah saya sendiri sudah melaksanakan haji dua kali, pertama kalinya pada  1964. Negara Arab sudah lebih memudahkan para jamaah untuk naik haji setiap tahunnya," tambahnya.
 
Sementara itu, menurut salah seorang jamaah haji asal Inggris yang di pimpinnya Atheem Mohammad dengan adanya pemimpin rombongan jamaah seperti Mohammad ia mengaku tidak pernah menghadapi kesulitan lagi selama naik haji. Apalagi saat ini Atheem sudah naik haji sebanyak 1 kali.
 
"Saya tidak pernah menghadapi masalah saat melaksanakan ibadah haji. Biasanya selalu gugup, tapi kami tetap senang karena dapat menyelesaikan proses ini. Sepulangnya dari haji ke Inggris, kami pun tidak pernah mendapat kecaman dari warga sekitar tempat tinggal. Sebab mereka sangat bertoleransi terhadap hal ini” jelas Atheem.

http://www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/16/09/19/odpteo377-jamaah-asal-inggris-ini-sudah-30-kali-naik-haji-part1

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.