Masuk

Perjuangan Muslimah Memulai Pembangunan Masjid di Panama

REPUBLIKA.CO.ID, PANAMA -- Umat Islam di Republik Panama telah mulai pembangunan untuk konstruksi di masjid resmi yang pertama di negara itu untuk pribumi. Pembangunan dilakukan karena semakin banyak rakyat Panama beralih ke Islam.

Batu bata pertama Masjid Al Haqq akhirnya diletakkan, setelah kampanye 9 tahun yang dipimpin oleh Muslimah Panama, yakni Josefina Bell-Munajj dan Khadijah Jackson untuk mendapatkan izin membangun.

Josefina Bell-Munajj dan Khadijah Jackson juga berharap masjid akan menjadi pusat pendidikan Islam di masa depan. Kedua Muslimah ini telah menyediakan kelas Islam bagi perempuan Muslim di sebuah ruangan yang dipinjam oleh seorang dokter gigi Muslim lokal sejak tahun 2011.

Dimulai dari kelompok kecil yang berisi sepuluh orang, kelompok ini berkembang. Sekarang ada sekitar tiga puluh wanita menghadiri kelas dengan mereka. "Kami mulai merasakan urgensi untuk mendapatkan ruang baru karena jumlah kita terus bertambah," kata Bell-Munajj pekan lalu seperti dikutip dari worldbulletin.net.

Meskipun Muslim pendatang yang telah menetap di Panama  telah menyiapkan sejumlah masjid, Masjid Al Haqq akan menjadi bangunan masjid pertama yang didirikan oleh Muslim asli Panama.

Islam telah menjadi bagian dari Panama sejak pertengahan abad ke-16, dibawa oleh orang Afrika yang dikirim lebih sebagai bagian dari perdagangan budak. Abad kedua puluh juga melihat migrasi Muslim dari Timur Tengah dan Asia Selatan.

Sekitar 24.000 umat Islam diyakini berada di Panama saat ini. Jumlah tersebut merupakan 1% dari keseluruhan populasi.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/14/01/27/n01c6z-perjuangan-muslimah-memulai-pembangunan-masjid-di-panama

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.