Logo
Cetak halaman ini

Sahabat Periwayat dan Mufasir Alquran (3)

Abdullah Ibnu Mas'ud RA, Teladan Umat Membaca Alquran
Namanya populer dengan panggilan Ibnu Mas'ud. Ia termasuk kelompok Assabiqunal Awwalun (orang-orang yang pertama masuk Islam).

Ia adalah seorang pembantu Rasulullah SAW, sering memakaikan sandal dan sarungnya Rasul, pergi bersama-sama Rasul sebagai penunjuk jalan. Ibnu Mas'ud juga dikenal sebagai seorang sahabat yang sangat baik.

Sahabat lainnya mengenalnya sebagai orang yang lebih banyak mengetahui kitab Allah (Alquran), baik tentang ayat-ayat muhkam (hukum dan jelas), 'Amm (umum), khash (khusus), maupun yang mutasyabbih (samar), serta halal dan haram.

Jalaluddin As-Suyuthi berkata, ''Yang diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud tentang tafsir adalah lebih banyak daripada yang diriwayatkan dari Ali..."

Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Ibnu Mas'ud, "Demi Allah yang tiada Tuhan selain-Nya, tidak ada satu surat pun yang diturunkan oleh Allah yang tidak saya ketahui di mana turunnya. Tidak ada satu ayat Alquran pun yang tidak saya ketahui dalam kasus apa diturunkannya. Kalau aku tahu ada seorang yang lebih tahu dariku tentang Kitab Allah dan bisa ditempuh dengan kendaraan unta, niscaya akan kudatangi rumahnya..."

Bahkan, sejumlah ayat Alquran diturunkan juga berkaitan dengan Abdullah bin Mas'ud. Selain itu, Rasul SAW juga memujinya, karena indahnya bacaan Alquran yang disuarakan oleh Ibnu Mas'ud.

Sering kali Rasul SAW meminta Abdullah bin Mas'ud untuk membacakan ayat Alquran di hadapannya. Dalam buku 101 Sahabat Nabi, Hepi Andi Bastoni menerangkan, Abdullah bin Mas'ud menjadi teladan umat dalam membaca Alquran.

Abdullah Ibnu Abbas RA, Samudra Ilmu

Abdullah Ibnu Abbas adalah orang yang ternama di kalangan umat Islam. Ia adalah anak paman Rasulullah SAW, yang pernah didoakan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai orang yang berpengetahuan luas. "Ya Allah, berilah pemahaman tentang urusan agama dan berilah ilmu kepadanya tentang takwil.'' (HR Bukhari dan Muslim).

Ibnu Abbas, demikian nama populernya, dikenal sebagai ahli bahasa sekaligus penerjemah Alquran yang hebat. Ibnu Mas'ud berkata, "Penerjemah Alquran yang paling baik adalah Abdullah bin Abbas." Dia adalah sahabat yang paling pandai dalam tafsir Alquran.

Pada saat muda, para pemuka sahabat telah menyaksikan kehebatannya, bahkan Ibnu Abbas mampu menandingi dan bersaing dengan para sahabat lainnya. Ia dilahirkan sekitar tiga tahun sebelum hijrah.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/07/07/m6spn4-sahabat-periwayat-dan-mufasir-alquran-3

Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.