Logo
Cetak halaman ini

Al-Jazari, Peletak Dasar Teknik Modern (1)

REPUBLIKA.CO.ID, Dialah Al-Jazari (1136 M-1206 M), ilmuwan Muslim terkemuka yang didaulat dunia sebagai 'Bapak Teknik Moderen'.

Insinyur yang juga didapuk sebagai 'Bapak Perintis Robot' itu juga dikenal dunia sebagai peletak sejarah teknologi modern.

Penemu berbagai peralatan teknologi itu bernama lengkap Al-Shaykh Ra'is Al-A’mal Badi’ Al-Zaman Abu Al-‘Izz ibn Ismail ibn Al-Razzaz Al-Jazari.

Namanya mengguncang jagad teknologi dunia lewat kitabnya yang fenomenal berjudul Al-Jami” Bayn al-‘Ilm wa Al-Amal Al-Nafi’ fi Sina’at Al-Hiya (Ikhtisar dan Panduan Membuat Berbagai Mesin Mekanik).

Inilah risalah paling penting dalam tradisi teknik mesin Islam, juga dunia. Lewat karyanya itu, Al-Jazari juga telah meletakan dasar kerja dalam sejarah teknologi.

Tak heran, jika buku teknologi yang ditulisnya itu mampu ‘menyihir’ dan membetot perhatian para ahli sejarah teknologi dan sejarawan seni dunia.

Selain dikenal sebagai seorang penemu dan insinyur besar, dunia juga mengenalnya sebagai seorang seniman hebat. Betapa tidak, dalam risalah fenomenal yang diciptakannya, secara gamblang dan lugas Al-Jazari melukiskan penemuannya dengan lukisan khas bergaya Islami era kekhalifahan.

Lukisan miniatur dari karya-karya yang diciptakannya itu berisi petunjuk dan tata cara untuk membuat peralatan atau teknologi yang diciptakannya. Sehingga memungkinkan setiap pembaca risalahnya untuk merangkai dan menbuat beragam penemuannya itu.

Tak pelak, risalah yang berisi 50 penemuan yang diciptakannya itu mengundang decak kagum para sejarawan teknologi dunia.

''Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya, dia begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin,'' ungkap Sejarawan Inggris, Donald R Hill, dalam tulisannya berjudul Studies in Medieval Islamic Technology.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/07/27/m7tljh-aljazari-peletak-dasar-teknik-modern-1

Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.