Masuk

Para Tokoh Liga Dunia Islam (1)

Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Nama lengkapnya adalah Abdul Aziz bin Abdullah bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abdul Ali Baz. Dilahirkan di Riyadh, Arab Saudi pada 12 Dzulhijjah 1330 H.

Dia wafat pada Subuh, Kamis 27 Muharram 1420 H di Kota Thaif, dishalatkan pada hari Jumat (28 Muharram 1420 H) di Masjidil Haram, dan dimakamkan di pemakaman Al-‘Adl Makkah.

Sebagai putra seorang ulama, pendidikan yang dikenyam oleh Abdul Azis lebih banyak tertuju pada pelajaran Alquran dan hadis. Kedua ilmu tersebut ia pelajari pertama kali langsung dari keluarganya.

Kemudian ia belajar ilmu-ilmu syar’i dari sejumlah ulama besar di Riyadh, seperti Syekh Muhammad bin Abdullathif bin Abdurrahman bin Hasan bin Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab dan Syaikh Shalih bin Abdul Aziz bin Abdurrahman bin Hasan bin Syekh Muhammad bin Abdul Wahab (hakim di Riyadh).

Abdul Aziz merupakan seorang dai beraliran Salafi. Semasa hidupnya, ia pernah menduduki posisi Mufti Agung Arab Saudi. Di samping itu, ia juga pernah menjadi qadhi (hakim) di daerah Al-Kharaj pada 1357-1371 H; Wakil Rektor Universitas Islam Madinah (1381-1390 H); dan Rektor Universitas Islam Madinah (1390-1395 H).

Di kancah internasional, sejumlah posisi penting pernah dijabatnya, antara lain anggota dan kepala majelis pendiri Liga Dunia Islam dan kepala Majma’ Al-Fiqhi Al-Islami (Akademi Fiqih Islam) yang berpusat di Makkah, yang merupakan bagian dari Liga Dunia Islam.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/09/25/mawhos-para-tokoh-liga-dunia-islam-1

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.