Masuk

Para Tokoh Liga Dunia Islam (2)

Said Ramadhan
Said Ramadhan adalah seorang intelektual Muslim asal Mesir. Ia dilahirkan pada 12 April 1926, dan wafat pada 4 Agustus 1995.

Semasa hidupnya, Said dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam organisasi Ikhwanul Muslimin yang didirikan oleh Hassan Al-Banna, yang tak lain merupakan mertuanya sendiri.

Sikap vokalnya yang ditujukan kepada pemerintahan Presiden Gamal Abdul Nasser membuat Said dan keluarganya diusir dari Mesir. Dia kemudian pindah ke Jenewa, Swiss dan menetap di sana hingga akhir hayatnya.

Selama bermukim di Swiss, Said memberikan kontribusi yang besar bagi penyebaran agama Islam di negara Eropa tersebut. Pada 1961, ia mendirikan Islamic Center di Jenewa. Islamic Center tersebut kemudian ia fungsikan sebagai masjid sekaligus pusat komunitas dan pembelajaran mengenai Islam.

Allal Al-Fasi
Nama lengkapnya Muhammad Allal Al-Fassi. Ia adalah seorang politikus, penulis, penyair, dan ilmuwan Muslim asal Maroko. Ia dilahirkan di Kota Fes, Maroko, 10 Januari 1910, dan wafat pada 19 Mei 1974.

Sejak usia muda, Al-Fasi sudah terjun ke dunia politik di Maroko. Pada masa penjajahan Prancis, ia memelopori berdirinya partai nasionalis Istiqlal. Partai politik yang didirikannya ini kelak menjadi kekuatan pendorong dalam perjuangan kemerdekaan Maroko dari kekuasaan kolonial Prancis.

Namun, pada pertengahan 1950-an, ia memutuskan untuk keluar dari partai dan memilih bergabung dengan kelompok revolusioner bersenjata dan para gerilyawan di perkotaan.

Berbeda dengan partai nasionalis Istiqlal yang memilih jalur diplomasi, kelompok revolusioner ini lebih memilih menggunakan jalur kekerasan dengan mengangkat senjata dalam memperjuangkan kemerdekaan Maroko.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/09/25/mawiqt-para-tokoh-liga-dunia-islam-2

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.