Masuk

Warga Padang Lakukan Uji Kiblat Sore Ini

MAMHTROSO.COM -- Praktisi hisab dan rukyat Muhammadiyah Sumatera Barat, Firdaus AN menyampaikan bahwa masyarakat di Kota Padang dapat menguji ketepatan arah kiblat pada Kamis sore ini pukul 16.18 WIB. Masyarakat Padang pun akan melakukan uji coba pada sore ini.

"Hari ini sekitar pukul 16.18 WIB, posisi matahari tepat berada di atas Kabah, dan untuk memastikan apakah arah kiblat selama ini telah benar, cukup menghadap ke arah matahari jika ditarik garis lurus akan tepat tiba di Kakbah," kata Firdaus AN, di Padang, Kamis (28/5).

Menurut dia, saat itu adalah kesempatan langka karena matahari tepat berada di atas Kakbah. Sehingga untuk mengukur arah kiblat, kata dia, dapat dilakukan dengan cara yang sederhana namun akurat.

"Pengukuran dapat dilakukan lima menit sebelum pukul 16.18 WIB hingga lima menit setelahnya, jika matahari tidak terlihat karena hujan, masih dapat dilakukan Jumat besok pada jam yang sama," kata dia lagi.

Ia menjelaskan, arah kiblat di Padang berada pada posisi 65,3 derajat dari utara ke barat, dan 24,7 derajat dari barat ke arah kiblat. Jika ternyata dari pengujian tersebut ditemukan arah kiblat selama ini kurang tepat, pengurus rumah ibadah dianjurkan tidak perlu mengubah bangunan, tapi cukup mengubah sajadah ke arah yang tepat.

Ia mengemukakan, berdasarkan penelitian, sebagian besar arah kiblat Masjid dan Musala yang ada di Padang saat ini mengalami penyimpangan arah dari yang seharusnya. "Dari 200 masjid dan musala yang diteliti, hanya sekitar 35 masjid yang benar arah kiblatnya," kata dia lagi.

http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/05/28/np1pa2-warga-padang-lakukan-uji-kiblat-sore-ini

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.