Masuk
MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

13 Mata Lomba Digelar di Class Meeting Semester Gasal Tahun 2021 MA MH Troso

Troso, MAMHTROSO.com – Pengurus OSIS Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Class Meeting Semester Gasal Tahun 2021. Acara ini dilaksanakan setidaknya selama 9 hari mulai Selasa (7/12/2021) sampai Kamis (16/12/2021).

Pada tahun kemarin agenda Class Meeting ini tidak dilaksanakan karena kasus Covid-19 yang meningkat termasuk di wilayah Jepara dan sekitarnya. Namun pada semester ini H. Ahmad Harisul Haq, Lc. selaku Kepala Madrasah memutuskan agar Pengurus OSIS mengadakan kegiatan tiap akhir semester ini meskipun tidak semeriah sebelum pandemi mewabah.

Jika biasanya Class Meeting di tahun-tahun sebelumnya diadakan begitu meriah dengan tampilan siswa-siswi di panggung Nada dan Dakwah, kemudian Pitutur Agami dan musik band, serta mata lomba yang sangat banyak. Namun Class Meeting kali ini sedikit ada pembatasan. Disamping itu juga halaman yang sebelumnya dijadikan sebagai pusat kegiatan Class Meeting, sekarang masih dalam tahap pembangunan.

Setidaknya ada 13 mata lomba yang diadakan mulai dari Lomba Kaligrafi, Poster, Lari Ban, Majalah Dinding, Mengukir Sandal, Teatrikal Puisi, Tarik Tambang, Merias Wajah, Pitutur Agami, Dakwah, Al Barzanji, Bola Basket, dan Bola Voli. (Syah)

Lihat galeri kegiatannya – klik

Pengecoran Lantai 2 Gedung Serba Guna Matholi’ul Huda Seluas 460 m2 Rampung Sehari

Troso, MAMHTROSO.com –  Untuk mengembangkan fasilitas pendidikannya, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso hari ini melaksanakan pengecoran lantai 2 gedung serba guna, Jum’at (10/12/2021).

Pengecoran ini selesai dalam waktu satu hari, dengan menggunakan Jasa Jayamix. Berbeda dengan pada tahun kemarin menggunakan truck molen dengan kapasitas 3 kibek sehingga menghabiskan waktu cukup lama. Hal tersebut karena akses jalan yang cukup sempit. Namun pengecoran kemarin menggunakan truck molen dengan kapasitas 5 kibek. Sehingga waktu pengecoran bisa lebih cepat.

Dari total luas sekitar 460 meter persegi dengan ketebalan 13 cm sehingga pengecoran pada gedung ini membutuhkan setidaknya 60 meter kibek. Gedung serba guna ini rencana akan digunakan untuk pusat kegiatan siswa Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Santri Pondok Pesantren Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara. Terutama untuk sholat berjama’ah, dll.

Pada proses pengecoran ini menghabiskan lebih dari 50 juta. Dan total pengeluaran dalam pembangunan gedung serba guna ini dengan 3 lantai diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar 1 M. Semoga pembangunan diberikan kelancaran oleh Allah dan semoga suatu hari nanti akan menjadi lembaga pendidikan dan pondok pesantren besar, maju, dan memberkahi umat. (Syah)

Karwadi, S.Ag. Raih Juara Terfavorit 1 pada Kompetisi Video Baca Puisi

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara kembali mengukir prestasi. Kali ini lewat salah satu gurunya yang bernama Karwadi, S.Ag. pada Kompetisi Video Suka Baca Puisi. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Yayasan Jungpara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang bertepatan pada Hari Kamis (20/5/2021).

Kompetisi ini diambil dari peserta lomba baca puisi yang sebelumnya diadakan oleh Disdikpora untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Kemudian semua video peserta diupload lagi melalui Channel Youtube Yayasan Jungpara. Ada sebanyak 164 video dari kompetisi Suka Baca Puisi. Sampai batas waktu yang ditentukan oleh Panitia, Video Baca Puisi karya Karwadi, S.Ag. berhasil mendapat jumlah “like” terbanyak dan berhak meraih Juara Terfavorit 1.

Penyerahan penghargaan pada kompetisi ini diberikan oleh langsung oleh Ketua Yayasan Jungpara, Sarjono, S.E., Ahad (14/11/2021). Karwadi, S.Ag. sangat bersyukur atas raihannya dalam prestasi ini. Meskipun bisa dikatakan usianya tidak muda lagi, tetapi tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berprestasi. (syah)

MA dan MTs. MH Troso Peringati Maulid Nabi Muhammad 1443 H dan Hari Santri Nasional 2021

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh sivitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso berkumpul di halaman untuk mengikuti Peringatan Hari Besar Islam, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. 1443 H dan Hari Santri Nasional Tahun 2021, Kamis (20/10) kemarin. Seluruh siswa dan guru memakai pakaian serba putih dalam acara ini dengan membawa bekal nasi dan lauk untuk makan bersama (kepungan atau bancaan).

Lihat galeri kegiatannya - klik

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB di halaman Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso dengan dipimpin oleh Zairzalif Izzana (XII IPA-3) dan Rahma Fitriani (XII IPS-3) sebagai pembawa acara. Serangkaian acara telah disusun untuk mengisi peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri kali ini. Mulai dengan Istighatsah yang dipimpin oleh Ustad H. Ismail, S.Pd.I. dilanjutkan dengan Bacaan Tahlil yang dipimpin Ustad Noor Ubaidillah, S.Pd.I.

Kemudian Acara Inti Maulid Nabi yaitu dengan lantunan sholawat nabi dan pembacaan Albarzanji ditugaskan kepada para siswa kelompok rebana gabungan dari siswa Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso yang dibimbing oleh Bapak Ilham Luthfi. Siswa begitu antusias mengikuti acara Maulid Nabi ini. Usai Maulid Albarzanji barokah doa dipimpin oleh Ustad Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

Dilanjutkan mauidloh hasanah oleh Ustad Muhammad Arsyad, beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan betapa mulianya ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW. “Ajaran Nabi Muhammad SAW. adalah mata air yang jernih, sungai-sungai yang besar ibaratnya adalah para kyai, alim ulama.” Ungkapnya.

Beliau berpesan agar siswa-siswi menjadi manusia-manusia yang sholeh-sholehah. Karena hanya amal sholehlah yang nantinya dapat menyelamatkan manusia dari api neraka. Beliau juga mengingatkan khusus para siswa agar selalu menjaga kehormatannya. “Kalian putri-putri harganya mahal, tidak usah diobral-obral, tidak usah posting-posting foto yang mengubar aurat di sosial media”, pungkasnya. (Syah)

Berlangganan RSS feed