Masuk
MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

Pengecoran Gedung Baru, YPI. Matholi’ul Huda Troso Bekerjasama dengan Kontraktor H. Maslan

Troso, MAMHTROSO.com – Untuk mengembangkan fasilitas pendidikannya, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso hari ini melaksanakan pengecoran gedung baru, Kamis (18/4/2019). Pengecoran ini rencananya menghabiskan waktu selama dua hari. Yaitu pada hari ini satu hari penuh, dilanjutkan hari Ahad nanti juga selama satu hari penuh.

lihat galerinya - klik disini 

Gedung baru yang berisi 8 lokal, 1 ruang kantor dan 9 kamar mandi ini kedepannya diperuntukkan sebagai gedung asrama siswa atau sebagai boarding school. Dan rencananya gedung ini akan dibangun menjadi 3 lantai, dengan menghabiskan milyaran anggaran dana.

Untuk pengecoran lantai dasar ini semula Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un berkerjasama dengan H. Sunarto Ketua YPI. Matholi’ul Huda Troso berencana untuk menggunakan jasa Yajamix. Lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Akan tetapi karena akses jalan masuk ke tempat pengecoran yang tidak memungkinkan akhirnya beliau bekerjasama dengan kontraktor asal Bugel yang bernama H. Maslan.

H. Maslan sebagai kontraktor hanya menyediakan jasa tenaga kerjanya saja yaitu sekitar 60 orang pekerja. Sementara untuk material pengecoran dibelanjakan oleh pihak yayasan tersendiri. Kerjasama jasa tenaga kerja ini diberi bandrol oleh H. Maslan sebesar Rp 400.000,- / m3. Dan total pembiayaan tenaga kerja untuk pengecoran gedung baru ini diperkirakan sekitar Rp 40 juta.

Kemudian untuk pengadaan konsumsi pekerja, YPI. Matholi’ul Huda Troso berkerjasama dengan masyarakat dan lingkunan sekitar. (Syah)   

Bpk. Sunhadi, S.Ag. dan Ibu Dra. Hj. Tasi’ah Khoiriyah, M.Pd.I. Laksanakan Visitasi Akeditasi di MA MH Troso Tahun 2019

Troso, MAMHTROSO.com – Sebanyak dua asesor Sunhadi, S.Ag. dan Dra. Hj. Tasi’ah Khoiriyah, M.Pd.I.  dari Badan Akreditasi Propinsi (BAP) Jawa Tengah melakukan visitasi di MA Matholi’ul Huda Troso mulai Senin kemarin hingga hari ini, Selasa (16/4/2019).

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Jajaran Pengurusan Yayasan dan Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un beserta dewan guru menyambut hangat kedatangan tim asesor visitasi ini. Dalam acara penyambutan H. Sunarto sebagai Ketua Yayasan Pendidik Islam Matholi’ul Huda Troso menyampaikan selamat datang kepada tim asesor dan juga sekilas keadaan madrasah swasta yang ada di tengah-tengah desa.

“Memang beginilah kenyataan yang ada pada madrasah kami. Dengan kedatang Bapak dan Ibu untuk visitasi akreditasi ini tentu sebagai pelecut kemajuan madrasah kami kedepannya. Menyadari di sekolah banyak tantangan dan hambatan. Akan tetapi kami semua selalu terbuka dengan lembaga-lembaga atau instansi pendidikan yang kami kelolah. Memang banyak kekurangan, dan mohon dinilai apa adanya”, sambut H. Sunarto.

Dalam acara sambutan tersebut juga dihadiri oleh Pengawas Madrasah Dra. Hj. Ida Nunung Puspito, M.S.I. Beliau menyampaikan bahwa visitasi akreditasi ini adalah untuk mencocokkan Sistem Informasi Penilaian Akreditasi (sisPenA) dengan bukti-bukti yang ada di lapangan. Ibu Nunung juga menuturkan agar semuanya dapat berjalan dengan baik, sehingga memohon tim asesor memberikan kesempatan yang lebih longgar kepada pengawal 8 standar. “Jika di MA Matholi’ul Huda Troso di akreditasi sebelumnya sudah mendapatkan predikat A maka kali ini cukup mendapat A lagi”, imbuhnya.

Salah satu tim asesor Sunhadi, S.Ag. dalam sambutannya terlebih dahulu memperkenalkan diri dan menceritakan latar belakangnya. Selaras dengan permintaan Pengawas Madrasah, 2 anggota tim asesor akan sangat kooperatif dalam pelaksanaan proses visitasi akreditasi nantinya.   “Data Instrumen Akreditasi (DIA) yang sudah diisi dengan nilai 95 mohon hari ini bisa dibuktikan, jika tidak maka silakan dipenuhi selama maksimal 24 jam”, tandas beliau.

Pada hari pertama, kedua asesor secara bergantian melakasanakan penilaian terhadap Delapan komponen visitasi akreditasi.  Delapan komponen yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Pusat itu meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar kependidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, serta standar penilaian. Masing-masing komponen dijabarkan ke dalam beberapa aspek. Dari masing-masing aspek dijabarkan lagi ke dalam indikator. Berdasarkan indikator itu dibuat item-item yang tersusun dalam instrumen evaluasi diri dan instrumen visitasi. Sementara untuk hari kedua, dijadwalkan melanjutkan proses penilaian 8 standar ditambah dengan tinjauan sarana prasana madrasah dan supervisi proses pembelajaran di ruang kelas.

Sekitar pukul 14.00 WIB acara seremonial penutupan dilaksanakan. Karwadi, S.Ag. berperan sebagai pembawa acara memberikan kesempatan pertama kepada Drs. H. Nur Kholis Syam’un untuk menyampaikan ucapan selamat jalan dan permohonan maaf jika ada kekurangan dalam penyuguhan di MA Matholi’ul Huda Troso.

Dan sambutan terakhir disampaikan oleh Dra. Hj. Tasi’ah Khoiriyah, M.Pd.I. beliau menyampaikan kesan dan pesan serta evaluasi terkait pelaksanaan visitasi akreditasi kali ini. “Kesan pertama kali setelah masuk gerbang madrasah adalah madrasah swasta yang besar. Kedua setelah masuk ruang kepala madrasah piala yang sangat banyak, bearti siswa-siswinya banyak yang berprestasi, punya anak-anak didik yang berpotensi, guru-guru muda yang berpotensi”, ungkap beliau.

Dan terkait dengan evaluasi pelaksanaan visitasi akreditasi Dra. Hj. Tasi’ah Khoiriyah, M.Pd.I. berpesan agar setiap guru terus meningkatkan dokumen-dokumen pembelajaran seperti contoh penyusunan RPP dan juga membuat dokumen-dokumen kegiatan pendidikan yang lain sebagai bukti fisik karena sudah melaksanakan banyak kegiatan. (Syah)

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019, Siswa Kelas X dan XI Tetap Masuk Pelajaran

Troso, MAMHTROSO.com - Sebanyak 204 siswa Madrasah Aliyah (MA) Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), mulai Senin kemarin (1/4/2019) hingga Senin depan (8/4/2019).

UNBK di MA Matholi’ul Huda Troso dilaksanakan dalam dua sesi. Sebab, rasio perangkat komputer dan jumlah siswa belum sama. Ada 3 ruang laboratorium komputer yang digunakan. Masing-masing ruangan dapat menampung 40 peserta ujian. Dengan jumlah peserta yang mencapai 204 orang sehingga ruang pertama akan digunakan UNBK 2 sesi.

Hampir tidak ada perubahan yang besar jika dibandingkan dengan UBNK dari tahun-tahun sebelumnya. UNBK kali ini juga menguji mata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertamanya, hari kedua Matematika, ketiga Bahasa Inggris, dan terakhir mata pelajaran pilihan siswa sesuai dengan jurusan masing-masing. Tetapi di MA Matholi’ul Huda Troso mata pelajaran pilihan ini sudah ditentukan secara kolektif. Yaitu untuk kelas program IPA akan mengujikan mata pelajaran Biologi dan program IPS akan mengujikan mata pelajaran Sosiologi.

MA Matholi’ul Huda Troso sudah tercatat 3 kali ini mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Maka sebagian besar siswa sudah tidak ada rasa gugup dan panik ketika ada kendala-kendala yang tidak diinginkan ketika proses mengerjakan soal-soal UNBK. Meskipun pada hari pertama, dan kedua kemarin beberapa kendala, listrik sempat mati beberapa menit, tetapi ini tidak menjadi sebuah permasalahan yang berarti.

Meskipun pelaksanaan UNBK kali ini dilaksanakan 2 sesi, lantas tidak kemudian siswa yang mendapat sesi kedua berangkat lebih siang. Akan tetapi semua siswa tetap masuk sebagaimana biasa pada pukul 06.50 WIB. Bersamaan dengan siswa Kelas X dan Kelas XI yang masuk untuk proses belajar mengajar. Hal tersebut menurut Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso pelaksanaan Ujian Nasional yang sudah berbasis komputer semua pelaksanaannya di Ruang Laboratorium Komputer tidak menggunakan satupun ruang kelas. Maka tidak ada dampak sama sekali kepada siswa Kelas X dan XI, dengan itu tidak ada alasan untuk meliburkan siswa-siswinya.

Dan seperti biasa seluruh siswa melaksanakan ritual rutin setiap paginya, mulai dari sholat dhuha berjama’ah, asmaul husna, membaca Al qur’an, dll. Untuk peserta UNBK yang mendapat jadwal di sesi pertama setelah berdoa langsung menuju ke Laboratorium Komputer untuk mengikuti ujian, dan untuk siswa yang mendapat jadwal di sesi kedua harus masuk kelas masing-masing untuk belajar.  (Syah)

Berlangganan RSS feed