Masuk

Puasa Sepanjang Tahun

Oleh: Sugi Anashir

Apakah ada dan boleh orang seumur hidupnya atau sepanjang tahun berpuasa? Tentu jawabannya tidak ada dan tidak boleh.

Perhatikan hadis berikut ini; Dari Umar bin Khathab ia berkata: Bahwa dua hari ini hari yang dilarang Rasulullah SAW untuk berpuasa, yaitu hari raya Idul Fitri setelah kalian berpuasa (Ramadan) dan hari raya makan (daging kurban) setelah kalian menunaikan ibadah haji. (Hadits Shahih riwayat Muslim No 1920).

Hadis lainnya berbunyi, Dari Abu Hurairah RA berkata bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,  "Tidak halal bagi seorang  istri kalau ia berpuasa, sedangkan suaminya menyaksikan (yakni ada di rumah) melainkan  dengan izin suaminya tersebut. Juga tidaklah dianggap sudah mendapat izin kalau ia dalam rumah suaminya itu, kecuali izin suaminya sendiri." (Muttafaq 'alaih)

Dari dua keterangan hadis di atas maka tidak mungkin orang bisa berpuasa satu tahun penuh. Rasulullah juga melarang puasa di hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Orang yang paling hebat berpuasa adalah nabi Dawud AS, itupun Beliau tidak berpuasa penuh sepanjang tahun, melainkan sehari puasa sehari berbuka (tidak berpuasa).

Tetapi kalau anda mau berpuasa sepanjang tahun  dibolehkan dan tidak dilarang (diharamkan). Namun ada caranya, yaitu, perhatikan hadis di bawah ini:

1. Dari Abu Ayyub RA bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa berpuasa dalam
bulan Ramadhan kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia adalah eperti berpuasa setahun penuh." (Riwayat Muslim)

2.  Barangsiapa berpuasa Ramadhan (penuh) lalu diikuti dengan berpuasa enam hari dalam bulan Syawal maka dia seperti berpuasa seumur hidup. (HR Muslim)

Sekarang semuanya tinggal pada kemauan Anda sendiri ingin mendapat kebaikan seperti berpuasa sepanjang tahun atau tidak dengan cara melaksanakan puasa enam hari di bulan syawal ini. Berpuasa enam hari boleh berturutan terus-menerus atau brputus-putus sehari puasa sehari tidak atau satu minggu berpuasa dua hari, yang penting dalam bulan syawal bisa berpuasa sebanyak enam hari.

Tetapi perlu diingat, mulai puasa bulan syawal adalah satu hari setelah hari raya Idul Fitri, karena diharamkan berpuasa pada hari raya. Dengan niat dan tekat yang kuat insya Allah kita bisa melaksanakan puasa sunah di bulan syawal ini. Selamat berpuasa senilai puasa setahun penuh.

Sumber: http://www.republika.co.id/

Terakhir diperbarui pada Jumat, 16 September 2011 17:40

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.