Masuk

Pentingnya Mengajarkan Sopan Santun pada Anak

MAMHTROSO.COM -- Setiap orang tua mempunyai kewajiban untuk mengajarkan tatakrama atau sopan santun kepada anak-anaknya. Paling tidak, orang tua harus mengajarkan kata terima kasihsaat ada orang yang membantu dan memberi sesuatu kepada anak-anak.

"Belajar sopan santun akan membantu tindakan anak Anda terhadap orang lain dengan hormat dan memperhitungkan perasaan mereka," kata penulis buku 365 Tatakrama yang Harus Diketahui Anak, Sheryl Eberly seperti dilansir dari Parenting.com, Ahad (8/11).

Sopan santun juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri anak Anda dalam kehidupan sehari-harinya. "Anak Anda akan mendapatkan kepercayaan diri yang berasal dari mengetahui hal yang tepat untuk dilakukan," ujar Eberly

Menurut Eberly, kata Terima Kasih hanya merupakan cara dasar bersikap santun kepada orang lain. Secara harfiah ada ratusan lebih sikap sopan santun yang orang tua harus ajarkan kepada anak-anak mereka. Bahkan, kata dia  anak harus diajarkan sikap santun setiap hari dalam satu tahun.

Eberly mengatakan, tidak hanya dapat bertindak dengan tepat dan benar, sopan santun juga akan membantu anak-anak untuk mendapatkan kesuksesan seumur hidup bersama keluarganya, teman dan rekan kerjanya.

"Ada situasi di mana jumlah segudang pertimbangan kadang-kadang dilupakan, tapi itu tidak terlambat untuk diajarkan pada Anak Anda," katanya.

http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/11/08/nxhpn8301-pentingnya-mengajarkan-sopan-santun-pada-anak

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.