Masuk
MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

Ambalan Setiabudi – Fatmawati MA Matholi’ul Huda Troso Sukses Laksanakan LKP X Tahun 2022

Troso, MAMHTROSO.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Ambalan Setiabudi – Fatmawati selenggarakan Lomba Keterampilan Penegak ke-10 (LKP X) Tahun 2022, Senin (13/6/2022) kemarin.

Lihat galeri foto kegiatannya – klick disini

LKP ini adalah salah satu ajang lomba kepramukaan di MA Matholi’ul Huda Troso tiap akhir semester. Selain sebagai wadah kreatifitas siswa, juga sebagai salah satu media pendidikan dengan nilai-nilai Gerakan pramuka yang positif lainnya.

Sempat mandek selama kurang lebih 2 tahun akibat dari pandemic Covid-19, kali ini LKP dilaksanakan cukup berbeda. Upacara pembukaan yang biasanya dilaksanakan outdoor di halaman madrasah, sekarang berubah menjadi Gedung serba guna. Sehingga upacara pembukaan LKP X ini dilaksanakan secara indoor.

Dewan Ambalan Setiabudi – Fatmawati sebagai sangga kerja atau panitia pelaksana, telah merancang beberapa mata lomba yang cukup menarik. Ada 6 lomba yang dipertandingkan, yaitu Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP), Lomba Orientering, Lomba Pionering, Lomba Pertolongan Pertama, Lomba Kewirausahaan, dan Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat.

Sebanyak 16 kelompok pramuka, yang terdiri dari 7 kelompok putra dan 9 kelompok putri. Masing-masing kelompok terdiri dari sekitar 25 sampai 30 orang siswa. Mereka semua berlatih, berlomba-lomba untuk menjadi kelompok terbaik, atau sebagai Juara Umum LKP X.

Pada Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP) materi yang diujikan adalah tentang sejarah ambalam, sejarah pramuka, tehnik pramuka, dan berita terkini. Pada babak penyisihan dilaksanakan di Gedung serba guna untuk menyeleksi 5 kelompok yang masuk final. Di final ada 3 babak, yaitu soal wajib, soal lemparan, dan soal rebutan. Ada yang menarik di soal rebutan ini, karena peserta yang bersedia menjawab harus menyelesaikan tantangan dari panitia.

Kemudian lomba orientering, setiap peserta dibekali peta. Mereka harus mencari letak-letak pos dengan petunjuk arah dan jarak yang mereka hitug dari peta. Dan di setiap pos mereka diberi tantangan untuk mempraktikkan semaphore, morse, dan sandi. Bagi peserta yang berhasil finish terlebih dahulu dan menjawab soal-soal di pos dengan benar, merekalah pemenangnya.

Lomba pionering, atau keterampilan ikatan dan simpul. Dengan peserta 4 orang masing-masing kelompok, mereka harus membuat kursi taman. Kreatifitas desain, kebenaran simpul dan kekuatan yang menjadi 3 poin penting dalam lomba ini.

Selanjutnya lomba pertolongan pertama. Fokus lomba ini adalah materi bantuan hidup dasar, peserta harus bisa mempraktikkan dengan benar tehnik resusitasi jantung paru untu memberikan pertolongan pertama untuk kasus darurat yang berkaitan dengan nafas dan nadi.

Lomba Kewirausahaan yang berfokus pada bidang kuliner dan banner promosi. Setiap peserta harus berkreasi membuat jajanan dan minuman yang unik, dan membuat media promosi dengan mendesain x banner. Penentuan harga juga sangat penting dalam lomba ini.

Terakhir, adalah Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat yang bertema “Ayo sekolah dan mondok di MA Matholi’ul Huda Troso”. Banyak proses yang harus dilalui peserta ini. Mulai dari membuat konsep cerita (story board), kemudian shooting, rekaman, sampai editing. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi kreator video yang hasilnya bisa ditonton oleh seluruh siswa di lantai 1 gedung serba guna.

Lomba Keterampilan Penegak X Tahun 2022 ini, yang berhasil menjadi Juara Umum 1 Putra adalah Kelompok 4 yang dibimbing oleh Karwadi, S.Ag. Kemudian Juara Umum 2 dan 3 berturut-turut adalah kelompok 2 yang dibimbing oleh Siti Saudah, S.Pd.I. dan Kelompok 3 yang dibimbing oleh Muhammad Arsyad. Untuk kelompok putri, sebagai Juara Umum 1 diraih oleh kelompok 11 yang dibimbing oleh Ainun Nadhifah, S.Pd.Si. Kemudian Juara Umum 2 dan 3 putri berturut-turut adalah Kelompok 14 yang dibimbing oleh Siska Noviana Dewi, S.Si. dan Kelompok 16 yang dibimbing oleh Fista Nihayah, S.Pd. (Syah)

Muhammad Fikri Haikal Dilantik Sebagai Ketua OSIS MA Matholi’ul Huda Troso Periode 2022-2023

Troso, MAMHTROSO.com – Pengurus OSIS MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Periode 2021-2022 menyelenggarakan Laporan Pertanggung-jawaban, Kamis (2/6/2022) kemarin. Acara ini dilaksanakan di Gendung Serba Guna Lantai 1 MTs. – MA Matholi’ul Huda Troso. Dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dipimpin oleh Rahma Fitriani (XII IPS-3) sebagai pembawa acaranya.

Lihat galeri foto kegiatannya - klik

Zairzalif Izzana (XII IPA-3) selaku Wakil Ketua OSIS membacakan laporan Pengurus OSIS dihadapan seluruh siswa dan guru. Setelah itu kemudian menyerahkan laporan tersebut kepada Kepala MA Matholi’ul Huda Troso, H. Ahmad Harisul Haq, Lc.

Kemudian Kepala Madrasah juga melantik sekitar 60-an orang siswa dari Kelas XI yang diangkat sebagai Pengurus OSIS periode 2022-2023. Muhammad Fikri Haikal (XI IPA-1) sebagai ketua OSIS terpilih dari pemungutan suara langsung, dilantik bersama kolega untuk mengemban tugas yang mulia. Selama satu tahun kedepan, Fikri dan rekan-rekannya bersedia dan berkomitmen melaksanakan program-programnya termasuk mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang sempat terhambat karena Pandemi Covid-19.

Usai dilantik H. Ahmad Harisul Haq, Lc. berpesan agar para pengurus OSIS yang baru dapat dijadikan contoh baik untuk siswa-siswi yang lain. “OSIS menjadi wakil, contoh-contoh untuk siswa yang lain untuk menta’ati disiplin aturan madrasah. Pengurus OSIS yang baru, agar bisa lebih baik lagi. Yang penting harus kompak dan Kerjasama”, pungkasnya. (syah)

Sertijab Dewan Ambalan Tahun 2022 – M. Alfaruq Zanjabil dan Intan Afriza Attatin M. Resmi Dilantik Menjadi Pradana

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan Pengurus Dewan Ambalan Setiabudi-Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116 Masa Bakti 2021-2022, Selasa (31/05/2022) kemarin.

Lihat foto galeri kegiatannya - klick disini

Pengurus Dewan Ambalan Setiabudi – Fatmawati masa bakti 2021-2022, diwakili oleh Pradana Putra, Muhammad Ilham Anun Nijam (XII IPA-2) melaporkan hasil kerjanya selama satu tahun. Selama masa baktinya, Ilham dan koleganya menjalankan roda pergerakan pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara. Banyak pencapaian yang dibuat baik prestasi maupun nonprestasi. Diantaranya adalah Gerakan Pramuka Penegak di MA Matholi’ul Huda Troso mulai tahun ini sudah memiliki kurikulum yang berjenjang sesuai tingkatan. Kemudian selain itu juga pencapaian di prestasi cukup baik meskipun masih terkendala pandemic Covid-19. Yaitu berhasil meraih beberapa juara di ajang lomba pramuka tingkat nasional, Dinus Rover Scout Competition 2022.

Usai pembacaan laporan, acara dilanjutkan dengan Pelantikan Dewan Ambalan Masa Bakti 2022-2023. H. Ahmad Harisul Haq, Lc. selaku Kepala Madrasah langsung melantik Pradana Terpilih yaitu Mohammad Alfaruq Zanjabil (XI IPA-1) dan Intan Afriza Attatin Maliha (XI IPA-2) lengkap dengan 55 anggota Dewan Ambalan yang lain.

Kepala Madrasah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Gerakan pramuka sangat selaras dengan ajaran-ajaran agama Islam. Dalam dasa dharma ada Taqwa kepada Tuhan YME, ada nilai tolong menolong, dan kedisiplinan. Jika semua siswa melaksanakan dasa dharma ini tentu saja sama seperti mengamalkan nilai-nilai ajaran islam.

Acara tahunan ini digelar salah satu tujuannya adalah melatih tanggung jawab dan kedisiplinan siswa. Sebagaimana madzhab di MA Matholi’ul Huda Troso adalah madzhab pergerakan. Siswa-siswi dibiasakan terus bergerak untuk menyongsong masa depannya. (syah)

MA MH Troso Pecangaan Jepara Gelar Kembali Pemilihan Umum Ketua OSIS dan Pradana Pramuka Penegak Tahun 2022 Secara Langsung

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menggelar agenda Pemilihan Umum (Pemilu) Ketua OSIS dan Pradana Pramuka secara langsung, Selasa (25/5/2022) kemarin. Pemilu secara langsung ini sudah  2 tahun tidak bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19, sehingga untuk meregenerasi pengurusnya OSIS dan Dewan Ambalan dipilih secara terbatas.

Lihat galeri fotonya - klik di sini

Pada Pemilu OSIS dan Pradana Tahun 2022 ini mencalonkan siswa-siswi terpilih dari kelas XI. Mereka adalah M. Fikri Haikal (XI IPA-1) dan A. Zaki Wafa (XI IPS-1) sebagai calok Ketua OSIS-nya. Kemudian untuk Pradana Putra dan Putri mencalonkan M. Alfaruq Zanjabil (XI IPA-1), M. Riyan Hidayat (XI IPA-2), Intan Afriza Attatin (XI IPA-2) dan Zikha Nala Naza (XI IPS-1).

Acara ini dimulai pada pukul 10.30 WIB di Gedung Serba Guna, dipimpin oleh Zairzalif Izzana (XII IPA-3) sebagai pembawa acaranya. Kepala Madrasah, H. Ahmad Harisul Haq, Lc. dalam sambutannya berpesan agar dalam proses pemilihan Ketua OSIS dan Pradana ini para siswa-siswi dapat menggunakan hak pilihnya sebaik-sebaiknya. Karena proses pemilihan pemimpin seperti ini adalah memang termasuk sistem regenerasi yang sudah menjadi sunnatullah.

Usai sambutan dari Kepala Madrasah, setiap calon diberikan waktu untuk berkampanye menyampaikan visi dan misinya kepada seluruh siswa. Agar mendapat simpatisan atau dukungan dari siswa-siswi yang memiliki hak pilih. Proses pemungutan suara dilaksanakan secara berurutan, siswa-siswi dipanggil satu persatu oleh panitia, untuk menerima surat suara selanjutnya kemudian menuju bilik suara untuk mencontreng jagoannya.

Sampai pukul 12.45 WIB perhitungan suara sudah rampung. Waka. Kesiswaan, Karwadi, S.Ag. secara resmi menyampaikan hasil Pemilu OSIS dan Pradana Tahun 2022. Ketua OSIS 2022-2023 terpilih adalah M. Fikri Haikal (XI IPA-1), dengan perolehan 363 suara, sedangkan A. Zaki Wafa (XI IPS-1) hanya dapat mengumpulkan 76 suara. Kemudian untuk Pradana Putra terpilih adalah M. Alfaruq Zanjabil (XI IPA-1) dengan perolehan 91 suara, dan beda tipis dengan M. Riyan Hidayat (XI IPA-2) mendapat perolehan 82 suara. Dan untuk Pradana Putri terpilih adalah Intan Afriza Attatin (XI IPA-2) dengan 209 suara, sementara Zikha Nala Naza hanya memperoleh 57 suara. (Syah)

Berlangganan RSS feed