×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 983

Masuk

Jangan Takut Berjalan Lambat

Andrie Wongso. MAMHTROSO.com Andrie Wongso.

Dunia bergerak sangat cepat. Pengaruh teknologi begitu mendominasi. Berita yang baru saja tampil di pagi hari, bisa jadi segera basi saat sore hari. Isu yang biasanya bertahan lama, kini banyak ditimpa isu lain yang tampil lebih mengena. Inilah era di mana kita dimanjakan oleh beragam informasi yang dengam mudah kita dapat sehari-hari. Tinggal klik, bahkan tinggal memberi perintah suara di smartphone, berita terdepan segera tersaji.

Bukan itu saja. Melakukan apa pun, kini bisa dilakukan hanya dengan gerakan jemari, atau bahkan jempol saja. Mulai dari transaksi bank hingga membeli barang. Semua seolah dipermudah dengan kemajuan teknologi komunikasi. Duduk manis di belakang layar komputer atau sembari bergerak aktif memegang tablet, kita sudah bisa berkeliling dunia melakukan banyak hal.

Dengan kondisi tersebut, tak heran jika kecepatan kerja pun meningkat. Jika dulu mengirim surat harus via pos dan butuh beberapa hari, kini sekali klik sudah bisa lintas negeri. Jika dulu mengirim laporan video harus dikirim langsung, kini via satelit, kita bisa mengunggah berita kapan dan di mana saja dengan mudahnya.

Semua berkembang dengan cepat dan pesat. Maka, mereka yang berjalan lambat, hanya akan jadi penonton atau sekadar penikmat, bukan yang mampu meraih keuntungan maksimal dari perubahan yang terjadi.

Tapi, apakah semua lantas bisa dengan mudahnya diselesaikan dengan beragam teknologi yang muncul? Lantas, apakah semua harus bisa terselesaikan dengan cepat dan melahirkan budaya serbainstan? Bagi saya pribadi, tak ada yang bersifat instan. Semua butuh proses dan diperjuangkan. Bahkan, teknologi secanggih apa pun, tak tercipta dalam satu dua hari. Maka, bagi yang masih merasa tertinggal atau keteteran, jangan berkecil hati. Ibarat sebuah pepatah Tiongkok Kuno, 不怕走得慢,只怕停 yang arti harfiahnya jangan takut berjalan lambat, tapi takutlah jika diam tak melakukan apa-apa. Lambat di sini bisa diartikan proses sedang berjalan, di mana bisa jadi butuh pematangan yang perlu waktu untuk tumbuh dan berkembang.

Orang yang mau bergerak, berjuang, meski terkesan lambat, jauh lebih baik daripada yang hanya berpangku tangan menunggu bantuan. Karena itu, di tengah kemajuan teknologi yang serbacanggih, mari kita biasakan untuk terus berkarya. Jangan hanya menunggu atau mencari-cari peluang tanpa berusaha mewujudkannya.

Meski kecil, atau bahkan mungkin belum punya dampak sama sekali, setiap langkah akan mengantarkan kita lebih dekat pada tujuan. Bukankah perjalanan ribuan mil semua berawal dari satu langkah? Mari, terus berkarya, mencoba, dan melangkah, maka akan makin banyak pencapaian yang bisa kita raih dalam kehidupan ini. 

Salam sukses luar biasa!

http://andriewongso.com/articles/details/13787/Jangan-Takut-Berjalan-Lambat-

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.