Masuk

8 Kebiasaan yang Menambah Kepintaran Otak Anda

Kemampuan otak pada dasarnya bersifat fleksibel dan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah kepintaran Anda sehari-hari. Untuk berpikir pintar, otak membutuhkan minimal 3 hal yaitu: latihan berpikir, memiliki banyak informasi dan fokus pada suatu masalah atau ide.

Berikut adalah, 8 Kebiasaan Yang Menambah Kepintaran Otak Anda:


1. Minum 2 gelas air putih 30 menit setelah bangun tidur

Setelah tidur selama 6-9 jam, tubuh tidak mendapatkan asupan mineral sama sekali. Air putih dibutuhkan untuk  infiltrasi racun dalam tubuh dan keseimbangan cairan. Dengan meminum 2 gelas air putih, akan mengembalikan kekurangan cairan yang dialami oleh tubuh. Hasil penelitian pada anak-anak menunjukkan,meminum lebih banyak air putih meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan tugas mental mereka.


2. Membaca rangkuman buku saat sarapan

Daripada membaca artikel berita yang hanya  memberikan sedikit pengaruh pada hidup dan intelejensi Anda, lebih baik jika anda membaca rangkuman dari buku-buku best seller, Anda cukup hanya googling judul buku + summary, misalnya “7 Habits of Highly Effective People Summary”.


3. Minum teh hijau saat bekerja

Daripada kopi yang mengandung kafein, sebaiknya ganti dengan teh hijau karena mengandung I-theanine, sejenis asam amino yang akan penyebabkan peningkatan pada gelombang alpha pada otak. Menimbulkan rasa santai dan fokus tanpa menyebabkan kantuk, dan meningkatkan kesehatan jantung.


4. Jangan konsumsi gula siang hari

Karena akan menyebabkan berkurangnya fokus, dari pada makan makanan yang manis, sebaiknya ganti dengan makanan yang lebih bergizi seperti ikan atau telur.


5. Luangkan waktu dengan orang yang lebih pintar

Sebuah kebiasaan, sangat bisa ditularkan. Jika Anda sering menghabiskan waktu bersama seseorang, kemungkinan besar Anda akan terpengaruh dengan kebiasaan dan pola pikirannya. Oleh karena itu biasakan Anda membuka diri untuk berteman dengan orang-orang yang lebih pintar dari Anda.


6.  Bicara dengan orang-orang yang tidak sepaham dengan Anda

Libatkan diri pada sebuah diskusi yang friendly.  Berdiskusi dapat mempertajam cara Anda berargumentasi.


7. Notepad

Seorang Leonardo Da Vinci selalu membawa sebuah notepad untuk menuliskan ide-ide, sketsa dan pertanyaan. Memiliki sebuah buka kecil dan menuliskan semua hal-hal menarik bisa membantu melatih rasa ingin tahu dan cara logika berpikir Anda.


8. Rencana esok hari

Dengan melakukan perencanaan untuk esok hari di malam sebelumnya, akan membuat Anda bisa bekerja lebih produktif pada esok hari.

 

http://www.andriewongso.com/articles/details/14601/8-Kebiasaan-yang-Menambah-Kepintaran-Otak-Anda

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.