Masuk

Maksimalkan Energi untuk Sukses Luas Biasa!

MAMHTROSO.COM -- Hukum kekekalan energi menyebutkan bahwa energi adalah sesuatu yang tak bisa diciptakan dan dimusnahkan. Energi hanya bisa berubah atau diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Karena itu, energi dalam diri masing-masing pribadi sebenarnya telah menjadi satu dengan “takdir” yang dijalani dengan fungsi dan manfaatnya sebagai manusia.

Di sinilah sebenarnya, porsi manusia yang saling melengkapi sebenarnya selalu saling berkaitan, saling bersambungan, saling menguatkan. Sehingga, masing-masing energi yang ada akan berpadu menciptakan keseimbangan peran sebagai makhluk sosial yang tak bisa lepas satu dengan yang lain.

Coba kita lihat para pahlawan negeri ini pada masa perjuangan kemerdekaan. Mereka telah memberikan segenap energi dan sumber daya hidupnya untuk berjuang merebut dan mempertahankan Tanah Air. Karena itu, pada masa sekarang, sebenarnya energi mereka tak pernah punah.

Jika ditelaah lebih jauh—di luar teks-teks sejarah—energi para pahlawan itu sebenarnya telah menjelma menjadi kekuatan yang menjaga “kedaulatan” kita sebagai bangsa. Wujudnya bisa bermacam-macam. Ada yang menjelma sebagai kisah inspiratif untuk meneruskan perjuangan mereka. Ada yang menjadi pemicu semangat seseorang untuk ikut membangun lingkungannya. Ada yang menjadi teladan untuk menggerakkan perubahan dengan berbagai macam wujudnya.

Di sinilah kekuatan energi itu menjelma sebagai kekuatan pendorong bagi siapa pun yang peduli. Artinya, siapa pun sebenarnya bisa menjadi pahlawan, minimal bagi lingkungan terdekatnya. Dengan energi yang ia miliki, ia bisa menciptakan karya, pada bidang apa pun yang ia geluti. Dan, saat manfaat itu ada—bahkan kemudian menjadi oase menyegarkan untuk lebih banyak orang—sebutan “pahlawan” itu sangat layak disandangnya. Bahkan, meski mungkin sekecil apa pun perannya dalam kehidupan. Sepanjang berperan, ia telah jadi pahlawan, minimal bagi dirinya sendiri.

Dengan energi yang ada, seorang penyapu jalanan bisa menjadi pahlawan kebersihan. Dengan energi mengajar yang meletup-letup, seorang guru bisa menjadi pahlawan pembangun generasi kini dan masa depan. Dengan energi pengabdian yang luar biasa, seorang pejabat pemerintah bisa menjalankan amanah yang dipercayakan sehingga mampu mengubah daerahnya berkembang demikian luar biasa. Dengan energi apa pun yang kita punya, kita bisa berperan sebagai pahlawan yang dapat dikenang sepanjang masa.

Saya yakin, ada “energi-energi” yang bisa jadi belum dimaksimalkan. Ada energi yang bisa jadi malah kita lupakan. Ada energi yang mungkin potensinya belum kita keluarkan. Padahal sejatinya, energi itu ada dan siap untuk menjadikan sekitar kita berkelimpahan. Energi itu bisa bernama kepedulian, kebersamaan, ketekunan, kemauan, hingga beragam bentuk energi lain yang bisa saling memberdayakan.

Mari, bersama kita maksimalkan energi yang kita miliki. Sehingga, kita akan jadi pahlawan-pahlawan mumpuni yang bersama-sama bisa membangun dan membangkitkan negeri. Kita pasti bisa!!!

https://www.andriewongso.com/energi-sukses/

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.