Masuk

Puasa dan Keluarbiasaan Daya Tahan Tubuh

MAMHTROSO.COM -- Setiap harinya di Indonesia, puasa berlangsung sekitar 13,5 jam yang dimulai sejak fajar hingga matahari terbenam (magrib).

Tentunya puasa tak sekadar berjuang untuk tidak makan dan minum selama seharian, tetapi puasa juga merupakan perjuangan spiritual yang bermakna luhur. Di dalamnya ditandai dengan peningkatan jumlah ibadah dan kekhusukan yang intens. Apalagi ini adalah puasa wajib sehingga nilai spiritualnya menjadi luar biasa.

Semoga umat Islam bisa menjalankan puasa sesempurna mungkin dan menambah amal ibadahnya, sehingga setelah usai menjalankannya akan menemukan bentuk Fitri-nya, bersih lahir dan batin.

Sahabat luar biasa,

Sebenarnya puasa tidak hanya dikenal di agama Islam, agama lain pun mengenal ibadah puasa. Tentunya dengan waktu dan cara yang berbeda-beda sesuai ajarannya masing-masing.

Menurut sejumlah literatur, ritual puasa sudah dikenal sejak dahulu kala. Bahkan disebutkan bahwa puasa tidak sekadar merupakan bentuk kepatuhan seorang hamba terhadap Tuhannya, puasa juga sudah dianggap salah satu bentuk pengobatan. Banyak ahli di Barat yang penasaran terhadap rahasia kesehatan di balik puasa ini. Mereka mengkajinya melalui ilmu kesehatan/kedokteran.

Dari hasil penelitian itu ditemukan bahwa puasa merupakan proses pembersihan organ tubuh dan juga penghilangan zat-zat racun dari dalam tubuh. Dengan puasa organ-organ tubuh jadi punya waktu untuk beristirahat. Dalam keadaan istirahat tubuh akan mengganti sel-sel yang telah rusak. Tubuh juga jadi punya kesempatan untuk memperbaiki fungsi hormon sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.

Penemuan-penemuan lain menyebutkan, beberapa penyakit bisa disembuhkan dengan cara berpuasa. Bahkan ditemukan pula kalau puasa sehari penuh pun tidak akan membuat tubuh ambruk (asal kondisi tubuh sedang fit). Itulah keluarbiasaan tubuh manusia.

Namun sekali lagi, puasa—termasuk puasa wajib Ramadhan—bukan sekadar ujian fisik atau duniawi saja, tapi punya nilai-nilai spiritual/rohani yang tinggi. Semoga kita semua bisa menjalankan puasa dengan sebaik-baiknya. Selamat berjuang, dan menjadi pemenang!

https://andriewongso.com/puasa-dan-keluarbiasaan-daya-tahan-tubuh/

 

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Kisah Anak Kerang dan Pasir Pantai

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.