Masuk

Hikmah: Kebudayaan

(Nor Latifah X B)


Kebudayaan merupakan sesuatu yang unik dan menarik, selain itu kebudayaan juga memiliki ciri dan karakteristik yang khas dari suatu kelompok masyarakat atau suatu negara. Oleh karena itu, alnagkah pentingnya kebudayaan bagi setiap masyarakat atau negara karena dengan kebudayaan bisa menyatukan masyarakat meskipun masyarakat itu berbeda ras, bahasa, ataupun agama.Kebudayaan merupakan sesuatu yang harus dilestarikan dan bukan untuk dihilangkan karena apabila budaya yang telah ada tidak dijaga dan dilestarikan maka kebudayaan itu maka lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya ataupun hilang karena dicuri atau diklaim oleh negara lain. Dengan melstarikan kebudayaan, suatu masyarakat atau negara dapat mencintai tanah airnya sendiri dan juga masyarakat atau negara tersebut dapat menjadi negara yang kaya akan keanekaragaman.

Selain sebagai sesuatu yang unik, budaya juga dapat memberikan hikmag atau pelajaran bagi kita diantaranya adalah:

-dengan melestarikan kebudayaan dapat menumbuhkan motivasi untuk selalu berkreasi dalam menghasilkan inovasi-inovasi baru yang lebih baik. Artinya kebudayaan dapat mendorong kreativitas masyarakat karena dengan kebudayaan masyarakat bisa bersikap dan berpandangan yang positif terhadap suatu hal.-dengan kebudayaan dapat menumbuhkan sikap cinta tanah air-dan dengan kebudayaan suatu bangsa dapat menjadi lebih berkualitas dalam pandangan bangsa lain.

Selain dapat memberikan hikmah atau pelajran, kebudayaan juga dapat menjadi tolok ukur nilai dan adat dari setiap bangsa karena budaya juga mencerminkan sikap dan karakter bangsa yang dapat dijadikan pedoman bagi setiap warga masyarakat yang berada di dalamnya.

Betapa tingginya nilai suatu kebudayaan bagi setiap masyarakat atau negara karena budaya adalah pemersatu keanekaragaman yang unik dan menarik. Oleh karena itu, suatu negara tidak akan menjadi negara yang unik tanpa adanya budaya yang terkandung di dalamnya.

Terakhir diperbarui pada Kamis, 10 November 2011 13:28
Lebih lanjut dalam kategori ini: « Rerumputan Menari Adat dan Cita-cita »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.