Masuk

Pengetahuan Saat ini


Pengetahuan adalah informasi yang diketahui oleh seseorang. Dengan pengetahuan seseorang dapat dikatakan sebagai orang cerdas. Dengan pengetahuan juga negara dapat dikatakan sebagai negara maju atau negara berkembang.

Dengan adanya zaman yang semakin berubah, dan ilmu pengetahuan juga berkembang maka sudah saatnya kita coba menggali ke dalam diri kita sendiri apakah kita sudah berikan pada kehidupan yang sudah dipelajari? Menjawab pertanyaan tersebut maka dalam kehidupan ini yang kita peroleh adalah pengalaman. Pengalaman hidup ini kita jadikan sebagai pengetahuan kita sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari pada dasarnya pengetahuan dapat dijadikan dua macam yaitu pengetahuan alam dan pengetahuan sosial. Namun seiring perkembangan zaman dan berkembangnya ilmu pengetahuan maka ilmu pengetahuan dapat dijadikan menjadi 6 ilmu pengetahuan, antara lain sebagai berikut:

1.            Ilmu Matematika, yaitu ilmu yang biasanya terdapat perhitungan-perhitungan. Dengan ilmu ini seseorang dapat mengukur atau menghitung hal-hal yang mengandung hal-hal yang mengandung matematika. Ilmu ini disebut juga ilmu pasti, karena dalam perhitungan tersebut harus tidak berubah-ubah.

2.            Ilmu Astronomi, yaitu ilmu yang berhubungan dengan benda-benda luar angkasa. Dengan ilmu ini manusia dapat memperhitungkan bulan, bumi, matahari, dan sebagainya dan dapat di jadikan sebuah kalender.

3.            Ilmu Fisika, yaitu ilmu yang biasanya mempelajari tentang benda-benda fisis atau nampak.

4.            Ilmu Kimia, yaitu ilmu yang biasanya mempelajari zat-zat atau senyawa-senyawa yang ada di dunia.

5.            Ilmu hayat (ilmu biologi), yaitu ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, dengan ilmu biologi ini seseorang dapat mengetahui, mengelompokkan, dan mengklasifikasikan makhluk hidup.

6.            Ilmu Sosial, yaitu ilmu yang mempelajari hubungan masyarakat dengan lingkungan sekitarnya. Dengan ilmu ini seseorang dapat bersosialisasi dengan orang lain.

Dari jenis pengetahuan tersebut sangat pentinglah mempelajari pengetahuan-pengetahuan tersebut.

(Miftahul Umam - XI IPA-1)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 03 Desember 2011 09:04
Lebih lanjut dalam kategori ini: « Guruku Pentingnya Pengetahuan »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.