Masuk

Guru


Guru merupakan satu elemen yang ikut berperan dalam upaya mencerdaskan bangsa. Ia ibarat sebuah lilin yang selalu menerangi sekitarnya, guru tidak hanya dalam pendidikan formal saja, tetapi ada dimana-mana dengan tanpa menuntut balas.

Disamping mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan, guru juga dituntut untuk bisa mendidik. Mengajar bukanlah suatu hal mudah seperti yang kita bayangkan. MARTIN HEIDEGGER mengatakan: “mengajar lebih sulit dari pada belajar.”  Amat sangat wajar bila seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.

Kompetensi profesional erat kaitannya dengan tugas guru melakukan kegiatan pelajaran di kelas, sedangkan kompetensi kepribadian dan sosial erat kaitannya dengan etika mendidik guru di luar kelas.

Kita berharap idealisme para guru di Madrasah kita tidak boleh memudar. Karena kita menyadari bahwa sosok guru yang mempunyai idealisme tinggi akan bisa melahirkan generasi yang handal dan idealis pula. (Ahmad Iwanuridlwan – XI IPA-2)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 03 Desember 2011 09:14
Lebih lanjut dalam kategori ini: « HIV, the Scary Monster Guruku »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.