Masuk

Arti Kehidupan


Arti hidup dalam pandangan Islam adalah hidup dalam kualitas secara berkesinambungan dari kehidupan di dunia sampai di akhirat yang penuh arti dan bermanfaat bagi lingkungan hidup. Hidup seseorang dalam syari'at Islam diatur dengan seberapa besar seseorang itu menjalankan kewajiban-kewajiban sebagai manusia yang diciptakan Allah, SWT.

Jika seseorang mendengar ada orang meninggal dunia dalam usia yang masih relatif muda, maka reaksi seseorang itu yang pertama kali muncul "sayang, umurnya pendek sekali untuk hidup". Disini seseorang itu memandang bahwa nilai kehidupan ditentukan hanya umur saja, tetapi pada dasarnya nilai kehidupan itu ditentukan oleh amal sholeh/perbuatan baik yang dilakukan orang tersebut.

Manusia sebagai makhluk sosial dianjurkan untuk saling tolong-menolong dan saling menasihati agar tercipta kehidupan yang damai di dunia. Allah, SWT. menyuruh ummatnya untuk menjalankan kehidupan dengan baik dan benar. Dan sebagai makhluk yang berakal hendaklah manusia itu dapat mengambil pelajaran tentang arti kehidupan.

Kalau kita mengisi kehidupan dengan mengeluh, hanya pasrah dan tidak mau berusaha tentu kita menjalani kehidupan yang sangat membosankan, terasa terbeban dan tidak dapat menahan diri kita pada hal-hal yang negatif.

Sebaliknya jika kita mampu mengisi kehidupan dengan hal-hal yang baik sebenarnya kehidupan ini indah dan menyenangkan, tentu kita akan menghargai kehidupan ini. Mengisi hidup dengan semangat penuh harapan dan cita-cita serta bergaul dengan harmonis maka yang dapat kita jumpai adalah kehidupan yang aman dan sejahtera.

Oleh karena itu, kita hendaknya mengaktualisasikan diri sendiri dalam segenap amal shaleh dalam kehidupan ini.

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Cita-cita dalam Sebuah Kahidupan Baju Renang »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.