Masuk

Apa Sih Pentingnya Panca Indra

Kita pasti tidak asing lagi dengan kata panca indera karena pada tubuh kita mempunyai panca indera yang lengkap. Allah menciptakan panca indera meliputi mata, telinga, hidung, kulit, dan mulut atau lidah. Semua itu agar manusia bisa melihat, mendengar, mencium, meraba, dan merasakan. Jika tidak ada panca indera mungkin manusia tidak bisa menjalani kehidupan dengan sempurna seperti sekarang.

Tanpa mata, kita tidak bisa melihat sesuatu disekitar kita dan tidak bisa melihat keindahan & keajaiban di jagat alam raya ini. Tanpa telinga, kita tidak bisa mendengar suara alunan musik, sholawat nabi, dan orang yang membaca Al-Qur’an dengan sangat merdu. Tanpa hidung, kita tidak bisa bernafas, mencium aroma keharuman bunga dan makanan yang kita nikamti setiap hari. Tanpa kulit, kita tidak bisa merasakan suhu yang panas dan dingin. Tanpa mulut dan lidah, kita tidak bisa merasakan kelezatan makanan, tidak bisa bicara, dan tidak bisa membaca al-Qur’an.

Begitu hebat pentingnya alat panca indera bagi hidup kita. Seharusnya kita bersyukur dikaruniai alat panca indera yang begitu bermanfaat bagi kelangsungan hidup kita, karena manusia diciptakan Allah sebagai mahluk yang paling sempurna. Akan tetapi, banyak manusia yang selalu merasa kurang terhadap apa yang telah dimiliki. Panca indera merupakan organ tubuh yang sangat dahsyat keajaibannya sehingga secanggih apapun peradaban manusia sekarang, tidak akan ada yang bisa menciptakan organ tubuh yang telah Allah ciptakan.

Seharusnya kita banyak belajar kepada orang yang tidak mempunyai panca indera yang normal. Mereka tetap bisa menjalani kehidupan dengan lancar meskipun tak sebaik orang normal biasa. Maka dari itu, kita sebagai orang yang jauh lebih beruntung bisa hidup dengan normal seharusnya mensyukuri semua yang telah diberikan Allah kepada kita dengan cara merawat dan menjaga tubuh kita dengan baik, karena kesehatan adalah nikmat terbesar yang telah Allah berikan kepada kita.

Terakhir diperbarui pada Rabu, 11 April 2012 13:19
Lebih lanjut dalam kategori ini: « Syukuri apa yang ada Kedahsyatan Hari Akhir »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.