Masuk

Hikmah Bulan Suci Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah bulan untuk manai (memanen) kebaikan. Di dalam bulan tersebut banyak sekali pahala yang berbeda diantara bulan-bulan yang lain. Hikmah yang dapat kita ambil:


1.    Puasa ramdhan
dengan puasa ramadhan kita diperintahkan untuk menjaga hawa nafsu. Kita mulai dari mulut ( makan, minum, bicara kotor) dan syahwat, serta kelakuan kita. Dengan puasa ramadhan juga kita dapat merasakan perjuangan orang-orang miskin yang setiap harinya menahan makan dan minum.


2.    Nuzunul Qur'an
Di dalam bulan ramadhan ini Al Qur'an pertama kalinya diturunkan yaitu tanggal 17 ramadhan. Kita diperintahkan untuk banyak beramal sholeh dengan banyak tadrrus al Qur'an disiang/malam harinya.


3.    Lailatul Qadar
Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Pada malam ini banyak sekali keutamaan-keutamaan yang ada di lailatul qadar. Bayangkan saja jika kita sholat 2 rakaat saja, pahalanya dilipat-gandakan sampai 1000 bulan, subhanallah.


4.    Shalat Tarawih
Shalat ini merupakan shalat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan bagi ummat Islam untuk dijalankan pada malamnya. Umumnya dilakukan secara berjamaah. Kita diperintahkan agar selalu tepat waktu dalam mengerjakan amal ibadah.

Terakhir diperbarui pada Selasa, 24 Juli 2012 03:35

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.