Masuk

Cahaya Seribu Bulan

Kita sebagai umat muslim pasti sudah sering mendengar kata seribu bulan, dan apakah arti seribu bulan itu?

"Seribu bulan adalah sebuah nama malam dari bulan suci Ramadan", malam seribu bulan dikenal dengan nama Lailatul Qadar, dan di dalam lailatul qadar terdapat banyak sekali hikmah. Namun, banyak diantara kita yang tidak mengetahui hikmah yang terdapat di dalam lailatul qadar.

Apabila kita mengetahui hikmah yang terdapat di dalam lailatul qadar pasti kita akan berlomba-lomba untuk mencari lailatul qadar agar kita bisa mendapatkannya.

Diantara hikmah lailatul qadar yaitu, mendapat kemuliaan dari Allah, mendapat pahala yang lebih besar daripada ibadah yang kita lakukan selama seribu bulan, karena lailatul qadar lebih mulia dari malam seribu bulan. Karena di saat lailatul qadar itu cahaya surga turun ke bumi dan menyinari hati hamba-hamba Allah yang taqwa kepada-Nya. Meskipun begitu, tidak mudah untuk dapat meraih lailatul qadar dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Memerlukan hati yang bersih dan keindahan dari Allah untuk bisa mendapatkan lailatul qadar.

Jika kita ditanya ingin mendapatkan lailatul qadar apa tidak? pasti jawabannya ingin. Tapi kita tidak mau berusaha untuk mendapatkannya, karena cuma memahami hikmah lailatul qadar dari cerita-cerita saja, tidak memahaminya dengan hati yang ikhlas dan semata-mata hanya mengharap ridha Allah. Di dalam Al Qur'an sudah dijelaskan tentang berbagai hikmah lailatul qadar, tinggal kita mau mempelajarinya atau tidak. Maka dari itu marilah kita mulai mempelajari dan memaknai hikmah lailatul qadar dengan baik. Karena hikmah lailatul qadar dapat menjadi pelajaran hidup bagi kita semua baik sekarang maupun di pintu gerbang masa depan.

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Nuzunul qur'an Menjemput Kemuliaan Lailatul Qadar »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.