Masuk

Lailatul Qadar

Lailatul qadar, pasti nama itu tak asing lagi bagi kita. Lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu dipenuhi dengan kemuliaan dan juga kebesaran. Karena pada malam itulah permulaan turunnya al Qur'an atau yang sering dikatakan sebagai awal nuzunul qur'an yaitu pada tanggal 17 Ramadan. Banyak sekali kemuliaan yang ada pada malam lailatul qadar  karena pada malam itu penuh kesejahteraan sampai terbitnya fajar, yang mana turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan di muka bumi.

Selain malam yang mulia, malam lailatul qadar juga malam kebesaran bagi umat manusia khususnya umat muslim karena pada malam lailatul qadar inilah kesempatan emas untuk kita beribadah, yakni berdzikir, sholat, membaca Al Qur'an, dan lain-lain. Karena pada malam lailatul qadar inilah semua pahala akan dilipat  gandakan oleh Allah. Itulah sebabnya malam lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan karena belum tentu ibadah yang kita lakukan selama itu (seribu bulan) bisa menandingi ibadah yang kita lakukan pada malam lailatul qadar. Sehingga banyak orang yang ingin meraih atau mendapatkan malam lailatul qadar karena selain mendapatkan pahala juga bisa menjadikan kita lebih dekat kepada Allah dan juga untuk memohon ampun atas dosa yang telah dilakukan.

Sesungguhnya beruntunglah orang yang bisa mendapatkan atau menjalankan ibadah pada waktu lailatul qadar karena sesuai dengan janji Allah, "barang siapa yang melakukan ibadah pada malam kemuliaan maka sungguh besar pahala yang mereka dapatkan. Tapi sebagian manusia ada yang belum tahu tentang malam lailatul qadar secara mendalam, sehingga tak jarang dari mereka yang tidak begitu tertarik oleh kemuliaan malam lailatul qadar ini, hal ini mungkin bisa disebabkan karena minimnya pengetahuan tentang ilmu agama yang dimiliki.

Tapi terlepas dari itu semua masih banyak orang yang tahu tentang malam lailatul qadar, khususnya orang-orang Islam untuk menyambut datangnya lailatul qadar dengan rasa bahagia dan rasa syukur kepada Allah karena pada malam itulah kita bisa menanam kebaikan yang lebih banyak dari hari-hari biasanya. Sebab malam lailatul qadar hanya ada pada bulan ramadhan seperti sekarang ini, meskipun kadangkala banyak juga dari kita yang tidak bisa bangun pada saat lailatul qadar itu datang.

Terakhir diperbarui pada Selasa, 07 Agustus 2012 10:00
Lebih lanjut dalam kategori ini: « Malam Seribu Bulan Nuzunul qur'an »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.