Masuk

Nabi Ismail

Dalam kalangan umat Islam pasti tidak asing lagi dengan nama Nabi Ismail. Nabi Ismail adalah nabi ke-8 dan putra dari nabi Ibrahim, dari seorang ibu yang bernama Hajar. Nabi Ismail adalah putra nabi Ibrahim yang pernah diperintah Allah untuk dibunuh (disembelih). Rasulullah adalah keturunan dari nabi Ismail.

Nabi Ismail yang dibesarkan oleh ibunya di lingkungan Ka'bah, sehingga Allah mengutus kepada Ismail agar menyampaikan  risalah Allah kepada suku-suku bangsa Arab. Setelah nabi Ismail yang diidamkan oleh nabi Ibrahim menyampaikan perintah itu kepada nabi Ismail, lalu nabi Ibrahim menayampaikan perintah itu kepada  kepada nabi Ismail.

Setelah mendengar perkataan ayahnya, kemudian anak yang baik hati tersebut segera memberi jawaban kepada ayahnya dengan jawaban yang menggembirakan: "wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insyaAllah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar." (Q.S. Ash Shaffat:102)

Setelah itu Nabi Ibrahim meletakkan tubuh nabi Ismail di atas batu, sambil meletakkan pisau di lehernya. Namun tiba-tiba Allah mengganti dengan seekor binatang khusus. Kemudian, umat Islam melaksakan qurban setiap tangggal 10, 11, 12, 13, Dzulhijjah.

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Anekdot: Penjual Bakso Cahaya Dzulhijjah »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.