Masuk

Sejarah Qurban

Banyak diantara kita yang beranggapan bahwa ritual qurban bermula dari kisah Nabi Ibrahim as, padahal qurban itu sendiri telah ada pada masa nabi Adam as, yakni kedua putra Adam (Habil dan Qobil) yang hendak mempersembahkan qurban.

Pada masa Nabi Ibrahim, disebutkan dalam Al-Qur'an bahwa Allah memberi perintah melalui mimpi kepada Nabi Ibrahim untuk mempersembahkan (menyembelih) putranya (ismail). Nabi Ibrahim mematuhi perintah tersebut dan tepat pada saat Ismail akan disembelih, Allah menggantinya dengan domba.

Peristiwa ini memberikan kesan yang mendalam bagi kita. Betapa tidak, Nabi Ibrahim yang telah menunggu kehadiran buah hati selama bertahun-tahun ternyata diuji Allah untuk memilih antara melaksanakan perintah Allah atau mempertahankan buah hati dengan konsekuensi dengan tidak mengindahkan perintah-Nya. Namun karena didasari ketaqwaan yang kuat, perintah Allah pun dilaksankan. Karena keridlaan Nabi Ibrahin, Nabi Ismail tidak jadi di sembelih dan digantikan oleh Allah dengan domba.

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Sejarah Singkat Idul Adha Perjuangan Haqiqi »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.