Masuk

Makna Dibalik Tahun Baru Hijriyah

Kita sering melihat atau merasakan sesuatu yang berbeda dari penyambutan tahun baru Hiriyah, tahun baru Hijriyah tak semeriah tahun baru Masehi, apakah yang menyebabkan hal ini terjadi.....?
Ada beberapa fakta yang mungkin bisa dijadikan alasan;
yang pertama, masih banyak orang yang tahu tentang tahun Hijriyah.
Dan yang kedua, tahun Hijriyah adalah tahunnya orang Islam dalam artian tahun Hijriyah bukanlah tahun yang global (umum) di dunia melainkan tahun Hijriyah adalah tahun yang khusus yaitu hanya umat Islam saja yang memilikinya.

Namun sesungguhnya alasan-alasan semacam itu hendaknya tidak mempengaruhi kita dalam menyambut tahun baru Hijriyah. Karena tahun baru Hijriyah bagi kaum muslim mempunyai makna atau arti yang sangat penting, yakni sebagai kebangkitan umat Islam dalam memajukan perkembangan agama Islam, serta meningkatkan moral atau kualitas akhlaq kaum muslimin ke arah yang lebih baik dari tahun ke tahun dari zaman ke zaman.  Dan sebagai seorang muslim sudah sepantasnya kita menyambut tahun baru Hijriyah dengan penuh gembira dan harapan karena di tahun yang baru ini kita bisa memperbaharui semangat hidup, tingkah laku atau akhlaq, ketaqwaan, dan yang paling penting adalah keimanan kita kepada Allah. Seraya mengucap syukur karena kita sudah dipertemukan kembali dengan tahun baru Hijriyah ini.

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.