Masuk

Barack Obama Menang (Lagi)?

Pemilu Amerika Serikat yang diselenggarakan kemarin (6/11/2012) dimenangkan oleh Barack Obama lagi. Sebelumnya, Barack Obama telah memenangkan pemilu pada tahun 2008 dan ini adalah kali kedua Obama menjabat sebagai orang nomor satu di AS. Perolehan suara dua kandidat calon presiden AS berlangsung sangat ketat. Posisi kandidat dari partai Demokrat Barack Obama yang diprediksi sempat tertinggal, akhirnya berbalik. Obama menang tipis di atas kandidat calon prsiden dari partai Republik, Mitt Romney. Pertarungan presiden kali ini disebut-sebut terketat sepanjang pemilihan presiden di AS. Bahkan lebih ketat saat JF Kennedy melawan Nixon pada 1960.

Pemenang pemilihan Presiden di AS bukan ditentukan dari jumlah suara terbanyak, melainkan melalui mekanisme perhitungan khusus yang disebut electoral collage. Pemenang ditentukan bila berhasil meraih  sedikitnya 270 electoral votes. Romney diproyeksikan menguasai electoral votes di Alabama, Mississipi, Oklahoma, Tenessee, Arkansas, West Virginia, South Carolina, Georgia, Indiana, dan Kentucky. Sementara Obama diproyeksikan  menguasai electoral vote di Illinois, Delaware, Connecticut, Maryland, Massachusetts, New Jersey, Rhode Island, Vermont, dan Districk of Columbia.

Pemilu yang diselenggarakan tiap empat tahun sekali ini berlangsung dengan tertib. Setelah diumumkan hasil pemilu bahwa obama memenangkan pemilu, semua pendukung obama merayakan kemenangan itu di berbagai tempat.  Menurut kaca mata mayoritas penduduk  AS dan para pejabat, salah satu alasan kemenangan Obama karena Obama menghadapi persoalan Timur Tengah denga obyektif. Penduduk AS percaya bahwa Obama masih mempunyai program-program kerja yang belum rampung dalam waktu 4 tahun, sehingga mereka memberikan kesempatan lagi untuk Obama agar menyeleseikan program kerjanya dengan baik. Semua kepala negara di dunia juga telah memberikan ucapan selamat kepada Obama.

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.