Logo
Cetak halaman ini

Merajut Makna Harkitnas

Suatu anugerah bagi kita semua karena adanya Hari Kebangkitan Nasional. Dengan Harkitnas ini, bangsa Indonesia tergerak semangat Nasionalismenya sehinggaa bisa mengalami kemerdekaan seperti yang kita rasakan saat ini.

Kita harus berterima kasih kepada pahlawan-pahlawan yang telah memperjuangkan  kemerdekaan ini. Mereka telah membentuk organisasi-organisasi pergerkan nasional sehingga menumbuhkan semangat perjuangan bangsa Indonesia.

Tapi, ironis memang karena Harkitnas yang diperingati setiap tanggal 20 Mei hanya sebagai simbol saja. Orang memang merayakan dan memperingatinya, tapi tidak mengerti apa makna Harkitnas sebenarnya.

Oleh karena itu, bangsa Indonesia menjadi rusak dan hancur akibat rakyatnya sendiri yang tidak mengerti akan Harkitnas ini. Walaupun mereka tahu kata kebangkitan tetapi mereka hanya diam saja tidak mau bergerak  demi bangsa ini.

Kita bisa mengambil contoh dilingkungan  sekolah banyak orang jadi anggota OSIS tapi tidak mau melaksanakan tugasnya. Apalagi dikalangan pejabat, banyak yang melalaikan tugas dan tidak memperhatikan rakyatnya. Kalau bangsa kita ingin maju, harus kompak antara rakyat dan pejabat/pemimpin bangsa ini.

Kita seharusnya bisa lebih maju bahkan dari negara Eropa sekaligus karena sejak dulu masyarakat kita dikenal dengan masyarakat yang semangat gotong-royongnya tinggi.

Inilah yang kita damba-dambakan dari bangsa ini dengan semangat kebersamaan, kita bangkit bersatu untuk Indonesiaku.


Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.