Masuk

Sumpah Pemuda sebagai Tonggak Awal Pemersatu Bangsa

28 Oktober 1928 adalah tanggal yang istimewa bagi segenap bangsa Indonesia. Dimana pada saat itu para pemuda bersatu dan mengucapkan ikrar janji setia yang kemudian dikenal sebagai sumpah pemuda. Sumpah pemuda menjadi pondasi terbentuknya semangat persatuan bangsa Indonesia yang pada kala itu masih dikuasai oleh penjajah, sehingga perlu adanya suatu formulasi mengenai persatuan bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme cinta Indonesia yang kuat untuk meraih kebebasan dari kolonialisme Belanda. Semangat para pemuda masa itulah yang akhirnya membawa bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya. Karena keberadaan sumpah pemuda merupakan satu pijakan bagi bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

 Dari sumpah pemuda kita dapat mengambil hikmah, diantaranya:

1. Persatuan merupakan elemen penting dalam suatu kelompok atau bahkan di dalam tataran yang lebih luas lagi yaitu negara. Jika persatuan itu berdiri kokoh dalam negara maka akan menjadikan kekuatan yang besar.

2. Semangat generasi muda. Tentunya kita sebagai generasi muda  harus bersemangat dalam mewarisi dan melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

3. Komitmen dan konsistensi sumpah pemuda merupakan tonggak awal komitmen para pemuda pada masa itu untuk mencapai tujuan yakni kemerdekaan bagi Indonesia sehingga terciptalah ikrar sumpah pemuda dan konsistensi para pemuda terhadap janji mereka dalam sumpah pemuda yang telah membawa bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan.

Dari hikmah tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sumpah pemuda merupakan tonggak awal pemersatu bangsa.

Setelah 85 tahun yang lalu para pemuda membawa semangat persatuan dengan mengikrarkan sumpah pemuda justru kontras dengan kondisi bangsa Indonesia pada saat ini. Dimana muncul banyak konflik yang dilatar belakangi oleh persoalan-persoalan yang berkaitan dengan identitas diri seperti agama ataupun suku, dan yang paling memprihatinkan lagi ketika suatu konflik muncul dari generasi muda seperti tawuran yang melibatkan pelajar atau mahasiswa.

Ini semua menjadi indikasi bahwa semakin lemahnya rasa persatuan dalam diri bangsa Indonesia. Mengingat kebesaran sejarah sumpah pemuda, maka sudah sepatutnya yang kita lakukan sekarang adalah bukan hanya "mengenang" peristiwa tersebut akan tetapi kita juga harus merenungkannya dalam-dalam.

Hari sumpah pemuda juga hendaknya mampu membakar semangat nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia bahwa tidak dapat dipungkiri, sumpah pemuda membuka cakrawala kehidupan yang harmonis bagi bangsa Indonesia karena mempunyai misi persatuan meskipun bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa, namun tetap menjunjung tinggi persatuan, yaitu Indonesia.

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Keajaiban Semangat Pemuda Pantun Sumpah Pemuda »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.