Masuk

Arti Penting Sumpah Pemuda

Tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda di mana hari tersebut biasanya ditandai kirab remaja nasional, perlombaan olahraga, dan kegiatan seremonial lainnya. Apakah hanya cukup sampai di situ kita memaknai Sumpah Pemuda? Hanya sebatas seremoni dan hiburan yang maknanya kadang tidak membekas di hati remaja? Lalu apa sih makna Sumpah Pemuda? Apakah hanya sekadar upacara di sekolah atau instansi pemerintah?

Bagi pemuda Indonesia dimasa lalu, makna sumpah pemuda sangatlah berarti dimana suatu keinginan dan harapan hingga terwujudlah kemerdekaan pada tahun 1945 . Makna yang mendalam itu menjadi sebuah sejarah yang hanya akan dijadikan sebagai suatu kenangan belaka oleh pemuda-pemuda Indonesia di era globalisasi ini. Kenangan yang ditinggalkan dalam sebuah ketikan-ketikan yang membentukk satu karangan dalam buku. Buku yang hanya dibaca dan dipelajari namun tidak pernah terbesit untuk menjadikan sumpah pemuda itu sebagai alat pengobar semangat didalam diri pemuda-pemuda globalisasi seperti saat ini.

Pada eraglobalisasi seperti ini bangsa Indonesia sangat memerlukan para pemuda yang kreatif dandapat bersikap nasionalisme sebagi pemuda indosia dan menjadikan momen Sumpah Pemuda sebagi moment untuk memperkokoh rasa cinta tanah air dan tidak sekedar merenung sejenak, bervoya-voya atau sekedar cari perhatian di jalan jalan umum yang hasilnya akan menghambat lalu lintas. Namun sebagai pemuda yang bermoral harus sadar serta dapatberfikir maju dan bersifat membangun.

Dengan mengikrarkan teks sumpah pemuda

•             Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

•             Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

•             Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Bersatunya dan disatukannya tunas-tunas bangsa oleh kesamaan tanah air, bangsa, dan bahasa tanpa memandang antara satu sama lainbaik warna kulit, ras ,agama maupun budaya dan berlandaskan Bhinekatunggal ika untuk menjunjung tinggi nama Bangsa Indonesia dan saling menguatkan untuk membentuk bangsa yang kokoh.

Kini, setelah 67 tahun Indonesia merdeka dan 84 tahun Sumpah Pemuda diikrarkan Ternyata kita belum sepenuhnya merdeka dari pertikaian internal antarsesama anak bangsa. Semangat Sumpah Pemuda belum sepenuhnya merasuk ke dalam jiwa setiap pemuda Indonesia.

Jadi, makna sumpah pemuda dizaman era globalisasi sangat berbeda dimasa lalu. Dimana  sumpah pemuda tersebut sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan semangat dalam diri pemuda-pemuda Indonesia saat ini. Dengan tidak menjadikan sumpah pemuda sebagai sejarah belaka pemuda akan dengan mudah mengamalkan makna sumpah pemuda tersebut dalam kehidupan mereka. Serta sudah selayaknya pula pemuda saling bersatu mengenggam tangan satu sama lain agar rasa kebersamaan selalu ada dan tidak surut oleh zaman globalisasi yang memberikan dampak yang sangat besar bagi kepribadian bangsa ini. Kita juga harus tetap bangga karena kita masih disatukan dengan sumpah pemuda yang mengatakan memiliki tanah air satu, berbangsa satu, serta tetap menjunjung tinggi bahasa Indonesia yaitu bahasa nasional.

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.