Logo
Cetak halaman ini

Kesehatan Tidak Bisa Dipisahkan dengan Kesuksesan

Jika kita memiliki kesehatan yang prima, kita pun bisa bekerja dengan penuh semangat, penuh vitalitas dan konsentrasi penuh. Namun jika kita sakit-sakitan, sedikit banyak tentu hal tersebut berpengaruh terhadap pekerjaan ataupun kesuksesan kita. Saat saya sakit, saya juga tidak bisa berbuat banyak. Bukankah demikian juga halnya dengan Anda? Menurut sebuah penelitian, seberapa bagus tingkat kesehatan kita akan ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaan kita. Itu sebabnya jika kita ingin memiliki kesehatan yang baik, kita harus mulai mengubah pola pikir, pola makan dan pola hidup kita. Itulah tiga hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Satu, pola pikir. Apa yang kita pikirkan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Cara berpikir yang positif akan membuat tubuh kita jadi sehat, sebaliknya cara berpikir yang negatif akan membuat tubuh kita mengalami gangguan. Pikiran yang negatif akan membuat emosi kita menjadi terganggu dan keadaan emosi yang tidak stabil akan berdampak pada kesehatan tubuh kita.

Dua, pola makan. Orang sudah mulai sadar pentingnya pola makan. Orang sudah mulai menerapkan pola makan yang baik. Mereka sudah mulai memilih makanan yang sehat, seperti sayuran, buah, mengurangi makanan berlemak, zat makanan tambahan (pengawet, perasa, pemanis, dll). Mereka sadar bahwa dengan mengubah pola makan, maka kesehatannya akan terjaga.

Tiga, pola hidup. Pola hidup akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Jika pola hidup kita tidak sehat, seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, kurang istirahat, terbiasa untuk begadang sampai tengah malam, maka kesehatan kita pasti akan terganggu. Seperti halnya mesin, jika kita merawat tubuh dengan baik dan teratur, maka pekerjaan yang kita hasilkan juga akan baik. Sebaliknya jika tubuh kita terlalu dipaksa terus menerus untuk kebiasaan buruk, maka tubuh kita juga cepat rusak.

Kebiasaan hidup akan mempengaruhi kesehatan. Kesehatan akan mempengaruhi kesuksesan.

Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.