Masuk

Opini: Wujud Nyata Sang Kemerdekaan 17 Agustus 1945

17 Agustus 1945 sejak pertama kali Bangsa Indonesia menyatakan diri tentang kemerdekaannya hingga sekarang 17 Agustus 2016. Tidak kurang juga tidak lebih perjalanan kita sebagai Bangsa Indonesia telah mencapai angka 71 tahun lamanya. Tetapi bagaimanakah wujud nyata kemerdekaan itu sendiri selama perjalanan 71 tahun itu?

Indonesia merupakan Negara kesatuan yang terdiri dari beberapa pulau. Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Yang berarti Indonesia memiliki struktur tanah yang subur dan cocok untuk berbagai macam keanekaragaman hayati dapat tumbuh dan berkembang. Bahkan, Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim.

Selain itu, keanekaragaman lainnya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia harusnya mampu membawa Bangsa Indonesia sendiri pada kehidupan yang makmur dan sejahtera. Tetapi apa kenyatannya? 71 tahun dari kemerdekaan ternyata kita masih membutuhkan entah berapa tahun lagi untuk mencapai kehidupan yang makmur dan sejahtera. Lambannya pergerakan Bangsa Indonesia ini tentu tak lain dan tak bukan karena lemahnya Sumber Daya Manusia itu sendiri yang ada di Indonesia. Bahwa Indonesia membutuhkan SDM yang memiliki kualitas tinggi untuk memaksimalkan berbagai macam keanekaragaman yang ada di Indonesia. Dan hal ini tak lain dan tak bukan kita harus benar-benar menghargai dan menjunjung tinggi dengan yang namanya Ilmu untuk Bangsa kita. Karena mengapa selama ini kita terlalu lamban dalam bergerak? Jawabannya tentu karena kita menomor sekiankan yang namanya pendidikan diatas kepentingan yang lainnya.

 

Oleh: LUTVIANI (XII IPA 1)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 02 Oktober 2016 05:58

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.