Masuk

Hari Raya Idul Adha (opini)

Hari raya idul adha ini dilaksanakan pada tanggal 10 dzulhijjah bertepatan tanggal 1 september 2017,oleh semua orang islam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt. Pada hari itu semua orang islam yang mampu,dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban dan di bagikan kepada orang-orang yang tidak mampu atau orang-orang miskin. Pembagian atau pemberian daging kurban ini diwujudkan sikap sosial dan keihlasan yang tinggi terhadap orang-orang yang tidak mampu.

Dan pada hari itu semua orang-orang islam yang tidak mampu mengandalkan daging kurban dari orang yang menyemmbelih daging kurban.

Penyembelian daging kurban ini berasal dari sejarah nabi Ibrahim yang menyembelih anaknya yaitu ismail. Kelahiean nabi islami lama-lama dinantikan, dan pada saat itu nabi Ibrahim menyembelih anaknya untuk memenuhi perintah dari Allah swt.

Mulai sekarang untuk menjelang hari raya kurban penjualan hewan kurban seperti sapi,kerbau,dan kambing laris dibeli oleh orang-orang yang mampu berkurban. Dan sekrang ini daging kambing dan lainnya sangat mahal karena mau menjelang hari raya kurban.

Inti dari berkurban adalah intinya di hari raya kurban memang berkurban  dengan sekedar mengorbankan dengan sebuah hewan,banyak orang yang mampu tapi tidak mau berkurban. Dan orang islam yang menjalankan ketakwaan Allah swt, hidupnya akan tentram dan dimudahkan rezekinya oleh Allah, dalam pengorbanan hanya ada sifat ketulusan dan keihlasannya.

Sebelum kita melaksanakan hari raya kurban sebelumnya kita dianjurkan untuk berpuasa arafah dan puasa itu sunnah untuk menjalankannya . Apabila orang islam mau menjalankan puasa arafah tersebut  itu, dosanya akan dihapus dari satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Hari raya idul adha atau hari raya kurban ini juga sering disebut dengan hari raya haji. Pada saat itu orang islam yang mampu sedang melaksanakan haji ditanah suci .

 

oleh: Rizqi Indah Lestari - XII IPS-3

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.