Masuk

Memperingati Hari Sumpah Pemuda (Artikel)

Tanggal 28 Oktober itu sangat penting identik dengan peringatan Hari SumpahPemuda. Seiring berjalannya waktu, Indonesia terus tumbuh dan berkembang atas kesadaran dari setiap pemuda yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma kehidupan yang bertlaku, karena di genggaman pemudalah bangsa Indonesia dapat terus maju. Di setiap pengorbanan-pengorbanan dari para pemuda sangat berpengaruh terhadap keutuhan bangsa, tidak hanya itu para pemuda pun dapat dikatakan sebagai pendobrak semangat para pemuda sedang menggebu-gebu. Dalam memperingati Hari Sumpah Penuda ini, kita harus mengerti atau memahami arti penting dari sumpah pemuda. Kita tahu bahwa hari sumpah pemuda merupakan hari dimana peran seorang pelajar sangat menentukan dunia pendidikan maupun segala sesuatunya.

Karena itulah sumpah pemuda adalah bukti ontentik bahwa tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia di lahirkan, oleh karena itu sudah seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Proses lahirnya bangsa  indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat Indonesia yang selama ratusan tahun tertindas di bawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga hasil mencapai kemerdekaan 17 tahun kemudian yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945.

Perkembangan dan pertumbuhan sosial di Negara kita ini terus berjalan demi mewujudkan Indonesia yang diharapkan. Indonesia adalah bangsa yang besar yang memiliki rakyat yang begitu solidaritas antar satu sama lainnya sangat tinggi, tidak heran kalau bangsa Indonesia mampu berdiri sendiri dengan kaki di atas tanah air tanpa campur tangan negara penjajah. Peristiwa sejarah Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari pemuda-pemudi I ndonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda di bacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari kerapatan para pemuda-pemudi Indonesia yang hingga saat ini setiap tahunnya di peringati hari Sumpah Pemuda.

 

Oleh: Aulia Meilani ( XI IPS 1)

#jurnalistik

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.