Masuk

Biogas (artikel)

                Teman – teman tau gak sih apa itu biogas ?

Biogas adalah gas yang dapat yang dihasilkan dari fermentasi feces (kotoran) ternak. Misalnya : Sapi, Kerbau. Kambing, Ayam, dll. dalam suatu ruangan yang disebut “digester”.

                Komponen – komponen biogas adalah gas methan, karbondoiksida, nitrogen, karbon monoksida, dan oksigen. Prinsip kerja pembentukan biogas adalah pengumpulan feces ternak ke dalam suatu tengki kedap udara yang disebut  “digester” (pencerna). Di dalam digester tersebut  kotoran dicerna dan difermentasikan oleh bakteri yang menghasilkan komponen – komponen biogas. Gas yang timbul dari panas ini ditampung di dalam digester,

                Penumpukan produksi gas akan menimbulkan tekanan sehingga dapat disalurkan ke rumah dengan pipa. Gas yang dihasilkan dapat dipakai untuk masak menggunakan kompor gas atau untuk penerangan dengan mengubah lampu petromaks sesuai dengan bahan bakar gas tadi.

                Gas yang dihasilkan ini sangat baik untuk pembakaran, karena mampu menghasilkan panas yang cukup tinggi, apinya berwarna biru, tidak berbau, dan tidak berasap. Pembuatan biogas dari kotoran ternak tidak menghilangkan manfaat lain sebagai pupuk kandang, sebaliknya pupuk yang dihasilkan justru menaikkan kandungan bahan organik, sehingga menjadi pupuk kandang yang lebih baik. Pupuk tersebut terbentuk dari sisa proses  fermentasi feces tadi yang memang harus dikeluarkan secara berkala agar tidak terjadi endapan padat yang dapat mengganggu proses pembuatan biogas. Di samping itu, untuk menjaga proses fermentasi dapat berjalan dengan baik, maka setiap hari harus dilakukan pengadukan.

                Manfaat pembuatan biogas dari kotoran ternak antara lain:

1). Gas yang dihsilkan dapat dimanfaatkan untuk mengganti kayu bakar yang tidak menimbulkan jelagaa sehingga peralatan ruang dapur tetap bersih, dari segi kesehatan tidak akan terjadi rasa pedih pada mata dan sesak napas akibat asap seperti pada pembakaran kayu.

2). Limbah digester biogas, baik yang padat maupun cair, dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organic.

3). Dengan menggunakan biogas kesehatan dan kebersihan lingkungan lebih terjamin.

  

Oleh : Ahmad Yoga Saputra ( X MIA 1)

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Rasa dalam Diam (puisi) Kau (puisi) »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.