Masuk

Skandal Sendal (cerpen)

Teriknya  mentari  serasa  membakar  kulit  siapapun  yang  keluar  disiang  hari  ini.  namun,  berbeda  dengan  remaja  berkulit  langsat  berambut  ikal  itu.  Panasnya  siang  tak  mampu  menguapkan  semangatnya  pergi  ke mushola  untuk  sholat  zuhur  berjama’ah.  Remaja  bernama  Arie  itu  memang  rajin  berjama’ah,  terlebih  hari  ini  ia  mendapat  hadiah  dari  orang  tuanya.  Sebuah  sendal  bermerek  dengan  style  keren.  Ia  ingin  pamer  pada  teman-temannya.  Tak  heran  senyumnya  tampak  menyaingi  cerahnya  mentari.

           

            “ Oi,  Zoya,  Ikhsan!  Lihat  nih,  sendal  baruku,”  ujarnya  pamer. “ Model  terbaru  loh,  keren  ‘kan?”

            “ Jangan  pamer  deh,  entar  kalau  ilang  bisa  nangis  kejer  kamu!” Ikhsan  berkomentar  sinis.  Sedangkan  Zoya  hanya  diam,  malas  berkomentar.

            “ Jahat  banget  sih,  San!  Bilang  aja  kamu  iri!”  Arie  menunjuk  Ikhsan  dengan  wajah  menyebalkan.  “ Iri  ‘kan?”

            “ Nyebelin  banget  sih!  San,  masuk  yuk!”  Zoya  menarik  Ikhsan  untuk  pulang.

            “ E-eh,  tunggu!”  Arie  mengejar  akhirnya.  “ Jangan  ninggalin  aku  teman-teman!”

 

***

Arie  menata  sendal-sendal  yang  selesai  ia  cuci  dipinggiran  bale  bambu  di bawah  pohon  jambu.  Lalu  ia  merebahkan  diri  di sana.  Melipat  kedua  tangannya,  menjadikannya  bantalan  kepala. Angin  sore  berembus  membelai  wajah  remaja  tanggung  itu.  Ia  tersenyum  memandangi  buah  jambunya  yang  memerah.  Tak  sabar  rasanya  untuk  panen  dan  makan  jambu  sepuasnya.

 

Senyuman  cerahnya  pudar  takkala  segerombol  jambu  jatuh  menimpa  kepalanya.  Dengan  sigap  dan  agak  kesal,  Arie  bangkit  berdiri.  Mengamati  rimbun  daun  pohon  jambunya.  Kedua  matanya  memicing  melihat  tupai  tengah  mempreteli  jambu  miliknya. Marah.  Ia  meraih  apa  saja  disekitarnya,  dengan  kalap  melemparkannya  pada  tupai  yang  tak  berdosa.  Hah,  Arie  itu  memang  jahil. 

            “ Pergi,  pergi!  Hush,  Jangan  makan  buahku!”  usirnya.

            “ Kamu  ngapain,  Rie?”  Ikhsan  yang  datang  bersama  Zoya  bertanya  heran.

            “ Ini,  ada  tupai  mau  makan  jambuku!”  Ia  masih  asyik  melempar.

            “ Ihhhh,  pelit  banget  sih  kamu!  Biarin  aja  tupainya  makan,” gadis  berhijab  itu  memprotes  tindakan  Arie.

            “ Jangan  dong, Zoy!  Aku  ‘kan  suka  sama  jambu!”

            “ Satu  tupai  kecil  nggak  akan  habis  jambu  sepohon,  Arie!”

            “ Tetap  aja  nggak  boleh!”  Arie  bersikukuh.

            “ Dasar  pelit!  Pelit!  Pelit!  Pelit!” 

            “ Udah  deh.  Jadi  belajar  kelompok  nggak  nih?”  Ikhsan  melerai  perdebatan  sengit  kedua  temannya.

            “ Jadi  dong.  Ayo  masuk!”  Arie  melompat  turun  dari  bale,  melenggang  pergi  tanpa  rasa  bersalah.

 

***

Seperti  orang  kesetanan  Arie  berlari  ke lapangan.  Menuju  tempat  ia  dan  teman-temannya  biasa  berkumpul.  Benar  saja,  di sana  ada  banyak  orang,  termasuk  kedua  sahabatnya.  Ikhsan  dan  Zoya.

            “ Teman-teman,  gawat!!”  teriaknya  heboh.  “ HILANG!!!!!”

            “ Apanya  yang  hilang,  Rie?”  tanya  salah  satu  temannya.

            “ Se-se-se-se—“  Arie  tergagap.

            “ Seseorang?  Sepupu?”  tebak  Zoya.  Arie  menggeleng  cepat.

“ Setan?  Semangka?”

            “ Serigala?”  Ikhsan  ikut  menebak.  “ Sedotan?”

            “ Sendal  baruku  hilang!!!”  teriak  Arie  dengan  lebaynya.

            “ Ealah,  ternyata  cuma  sendal.  Kirain  apaan?”  celetuk  Ikhsan.

            “ Ah,,,menyesal  aku  ikutan  panik!”  imbuh  salah  satu  teman  mereka  tidak  kalah  sinisnya  dengan  Ikhsan.

………………………………………………………………………………………………...Bersambung.

 

  

Oleh: Hesti  Wahyuni  Romadhoni (XII IPA-3)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.