Masuk

Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Remaja (artikel)

Dewasa ini masih banyak remaja yang kurang peduli mengenai pentingnya menjaga polahidup sehat bagi dirinya. Ditengah banyaknya tugas dan kegiatan yang ada, bnyak remaja seringkali lupa akan menjaga kesehatan fisiknya. Contohnya, sering tidur larut malam, makan-makanan instan dan olahraga tidak teratur. Hal ini membuat remaja kurang berenergi, kurang fokus dalam belajar dan dapat mengakibatkan kemampuan otak menurun.

Sebagian besar remaja menyepelekan peningnya kesehatan bagi diri sendiri. Masih banyak diantara mereka yang beranggapan bahwa penyakit akan datang menyerang saat usia mereka sudah menjelang tua. Pemikiran semacam itu yang merupakan kesalahan besar karena penyakit tidak akan memandang siapa orang itu dan berapapun usianya. Untuk itu remaja masih perlu banyak belajar akan petingnya kesehatan bagi diri sendiri. Berbagai kebiasaan buruk remaja yaitu merokok dan minum- minuman keras. Hal semacam itu sepertinya sudah dianggap biasa oleh remaja.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit. Berikut beberapa gaya hidup sehat bagi remaja :

  1. Makanan

Perbanyak makan-makanan sehat seperti sayur, buah, daging ikan segar, dan kacang-kacangan. Hindari makan yang instan, kurangi mengkonsumsi snack, utamakan makan 4 sehat 5 sempurna. Berhenti makan berlebihan ketika sudah terasa kenyang, karena makan berlebihan itu tidak baik.

  1. Minuman

Hindari minuman yang banyak mengandung gula, perasa buatan, dan pewarna buatan. Zat-zat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa tertimbun dalam ginjal. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari.

  1. Olahraga

Remaja boleh aktif beraktivitas, tapi jangan lupa dengan rajin berolahraga secara teratur, supaya badan tetap sehat dan stabil. Lakukan olahraga paling tidak 3 kali sehari dalam satu minggu.

  1. Istirahat Cukup

Aktivitas boleh banyak, tapi jangan lupa untuk beristirahat. Tidur yang cukup dapat meningkatkan kemampuan otak. Tidur minimal 10 atau 8 jam perhari diwaktu yang tepat mulai dari jam 9 malam sampai jam 5 pagi.

  1. Menerapkan Pola Hidup Bersih

Cara hidup sehat dan bersih harus dilakukan di lingkungan sekitar kita. Jangan malas untuk bersih-bersih rumah karena ruangan yang kotor dan berdebu bisa menimbulkan banyak penyakit. Oleh karena itu rajinlah membersihkan ruangan dan lingkungan sekitar kita.

  1. Menghindari Pikiran Stress

Pikiran stress memang seringkali menyerang tiap orang. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan baik secara pikiran (mental) maupun secara fisik. Jika kita sedang memiliki masalah, sebaiknya dipikirkan secara santai dan jadikan itu sebagai beban dalam diri kita.

 

Dari penjelasan tersebut, kita dapat melakukannya dengan baik untuk menjaga kesehatan remaja. Berikut manfaat hidup sehat :

 

  • Kebugara akan tetap terjaga

Hidup sehat akan berpengaruh kedalam fungsi-fungsi tubuh kita. Di mana kebugaran tubuh kita akan tetap terjaga dengan baik.

  • Tampil lebih menarik

Gaya hidup sehat membuat tubuh kita terlihat lebih bugar dan segar, yang nantinya kita dapat tampil menarik dihadapan orang banyak.

  • Menghemat biaya obat-obatan

Kebugaran tubuh yang baik akan membuat kita tidak perlu sering-sering mengeluarkan biaya lebih dalam membeli obat-obatan.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan tubuh yang sehat, maka membuat tubuh menjadi lebih berstamina dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Tubuh yang sehat akan terpencar dari aura wajahnya, karena itu secara otomatis akan menambah rasa percaya diri dengan orang-orang di lingkungan sekitar.

  • Hidup menjadi lebih sehat

Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka secara otomatis akan banyak dampak positif yang akan dirasakan pada tubuh, karena makanan dan minuman yang sehat serta menghindari kebiasaan negatif, seperti merokok, begadang, dan sebagainya.

 

Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan kita walaupun kita masih muda karena penyakit datang tidak berdasarkan usia, tetapi penyakit datang secara tiba-tiba.

 

Oleh: Ayin Puji Rahayu (XII IPA-2)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.