Masuk

Indahnya Kesederhanaan (opini)

Agama Islam menganjurkan agar umatnya senantiasa hidup dalam semua tindakan. Sikap & Amal. Islam adalah agama yang berteraskan nilai kesederhanaan yang tinggi. Kesederhanaan merupakan satu ciri yang umum bagi islam dan salah satu perwatakan utama yang membedakan dari umat yang lain. Orang yang sederhana dalam penampilan dan gaya hidup kesehariannya merupakan titik tolak kesadaran tinggi hidup bersosial. Rasulullah dan Nabi – nabi menyukai hidup sederhana. Beliau menikmati ketenangan hidup secara sederhana bukan berlebih – lebihan dan berfoya – foya. Contoh pengaruh negatif yang berlebihan yaitu, Hidup berlebihan atau bermewah – mewahan dapat mengakibatkan kurang taat dalam menunaikan kewajiban agama.

Langkah pertama yang dapat kita lakukan dari pengaruh negatif hidup berlebih lebihan kita harus membuat sikap hidup sederhana menjadi perilaku kita sehari – hari. Jika setiap hidup sederhana sudah terjadi perilaku kita sehari – hari maka lama – kelamaan hidup sederhana akan menjadi budaya hidup kita.

Hidup sederhana adalah nilai yang menganggap bahwa kebutuhan hidup kita dapat terpenuhi dengan penuh kebutuhan hidup yang “Standar”. Yang dimaksud standar disini adalah yang layak dengan menyampaikan prestise.

Langkah kedua yang harus kita lakukan adalah membuat nilai hidup sederhana yang tertanam dalam hati kita hidup sederhana. Betapa indahnya hidup kita jika hidup kita tertanam pada kesederhanaan.

Pesan saya :

Kita tak harus selalu memiliki yang terbaik karena hidup ini bukan pertandingan dimana yang terkuat atau tercepat akan menjadi pemenangnya itulah kesederhanaan.

 

Oleh : Fivi Fiska Aryani – XII IPS 1

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.