Masuk

Pramuka dalam Islam (artikel)

Praja muda karana merupakan merupakan kepanjangan dari pramuka, yang merupakan organisasi kepanduan yang ada di Indonesia maupun dunia. Pramuka mendidik kepada anggotanya untuk hidup disiplin, mengencil arti keluluhan, kepedulian, social, jujur, dan amanah.

            Nila-nilai yang terkandung dalam pramuka sesuai dengan nilai-nilai pada ajaran islam misalnya dalam ketuhanan, dalam pramuka yang terdapat  dalam butir dasa darma yang     1 yaitu taqwa kepada tuhan yang maha esa, yang itu sesuai dengan ajaran islam yang selalu mengajarkan akan arti ketuhanan yang selalu diajarkan dalam Al-Qur’an dan Hadits.

            Di setiap kegiatan pramuka pasti ada selalu kaitannya dengan ajaran islam misalnya saat berkemah seorang pramuka harus hidup disiplin, hemat, dan bersih. Agar ia saar berkemah tidak kehabisan bekal dan bisa melangsungkan hidupnya hingga prosesnya selesai. Itu seperti yang dilakukan pada zaman rasulullah saw. Pada saat perang dan saat pergi hijrah.

            Itulah semua yang menyebabkan antara islam dan pramuka kaitannya sangat erat, dalam semua aspek kehidupan kegiatan pramuka sangatlah berperan penting bagi manusia.

            Dalam pramuka manusia selalu diajarkan untuk memegang janjinya seperti dalam trisatya, dan selalu berpegang pada 10 nilai dasa darma yang didalamnya mengajarkan untuk hidup di masyarakat, lingkungan dan kepada tuhan YME.N

 

Oleh : Gunawan – XII IPA 3

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Hitam dan Putih (puisi) Boden Powel Days 161 th »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.