Masuk

Global Warming (info)

Global Warming

Oleh: Shofianah (XII IPS 2)

 

            Global warming atau dikenal juga dengan pemanasan global adalah salah satu isu yang menjadi sorotan dalam topic lingkungan hidup organisme. Pasalnya, pemanasan global yang terjadi semakin bertambah efeknya dari tahun ketahun yang kita dapat rasakan pada kehidupan di bumi.

            Global warming adalah suatu peristiwa dimana terjadi peningkatan suhu di atmosfer dan permukaan bumi (suhu global). Peningkatan suhu di bumi tentu akan membawa dampak yang cukup besar dan menyebabkan pada perubahan tatanan ekologi suatu kehidupan.

            Suhu merupakan salah satu unsur abiotic dalam suatu ekosistem. Suhu mempengaruhi iklim dan juga metabolism organisme. Setiap organisme meiliki suhu yang optimum dalam melakukan metabolisme yang penting dalam mempertahankan suatu kehidupan. Perubahan suhu akan memengaruhi metabolisme suatu organisme yang dapat menghambat atau berujung pada sebuah kematian. Jika suhu yang berubah ialah suhu global, maka seluruh permukaan bumi di belahan manapun akan mengalami peningkatan.

            Terbebasnya CFC ke atmosfer akan terurai oleh sinar UV dari matahari menjadi senyawa-senyawa penyusunnya yakni klorin, flour, dan karbon. Karena CFC yang terbebas lambat laun akan menjadi berlubang. Oleh karena itu yang dapat kita lakukan untuk menanggulanginya agar tidak semakin parah yaitu dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Kurangi penggunaan AC
  2. Gunakanlah bahan bakar yang ramah lingkungan
  3. Kurangi penggunaan CFC
  4. Galakkan reboisasi
  5. Kurangi penggunaan plastic

 

Sedikit langkah yang kita lakukan mungkin tidak bisa memperbaiki namun mungkin dapat memberi arti dan harapan untuk kehidupan para generasi yang akan datang.

Lebih lanjut dalam kategori ini: « Sadarlah (puisi) Inspiratif (artikel) »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.