Masuk

Pentingnya Menanam Karakter Sejak Dini (artikel)

Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini

Oleh: Malik Ahmad Husen XI IPS-1

 

            Kedudukan karakter dalam perjalanan setiap manusia sangat penting sekali. Bahkan pembentukan karakter sejak dini akan menentukan bagaimana seseorang dalam menjalani hidupnya. Siapapun dia, apapun profesinya, ketika memiliki karakter posited, tentu akan lebih baik daripada yang tidak memiliki karakter. Maka dari itu, penanaman karakter positif ini sangat diperlukan sejak dini agar bisa menjadi modal kita dalam menjalani hidup yang sangat berat.

            Di madrasah kita sendiri telah diadakan berbagai kegiatan untuk menanamkan nilai karakter pada peserta didik. Orientasi madrasah tidak hanya mencetak kader-kader bangsa yang pandai dalam bidang ilmu pengetahuan. Lebih dari itu, Madrasah tidak hanya menginginkan perserta didik yang pandai saja, tetapi juga berakhlaq baik dan berbudi pekerti yang luhur. Berbagai kegiatan dilakukan Madrasah dalam muhadlarah kita ajarkan untuk berasni berbicara di depan umum, menyampaikan berbagai pendapat yang kita miliki dengan penuh percaya diri. Jadi,diharapkan jika kita sudah lulus dari Madrasah ini, kita dapat menjadi orang yang berguna dalam masyarakat.

            Bukan itu saja, Madrasah kita juga menjadikan pramuka sebagai bagian dari intrakuler bukan ekstrakuler seperti di sekolah-sekolah pada umumnya. Selain itu, adanya kegiatan Emha Variety Show juga diharapkan dapat menjadikan peserta didik dapat mengutamakan kepentingan bersama dan saling bekerja sama untuk memberikan yang terbaik.

            Itu adalah beberapa usaha yang dilakukan Madrasah untuk menanamkan karakter positif pada peserta didik. Karakter yang berani, kuat, dan tidak mudah menyerah akan sangat membantu dalam menjalani hidup. Karakter positif sangat diperlukan bagi generasi bangsa. Seperti yang kita ketahui bahwa yang sering menjadi masalah bangsa ini adalah banyaknya generasi muda yang cerdas, tetapi tidak memiliki karakter positif. Sehingga dimanapun mereka berada akan selalu menimbulkan masalah dan bukan menjadi solusi dari sebuah masalah.

Terakhir diperbarui pada Selasa, 20 Februari 2018 07:55

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.