Masuk

CERPEN - REZEQI ANAK SHOLEH

Rezeqi Anak Sholeh

Oleh:X IIS-2

 

Di dalam rumah yang sederhana, tinggal seorang anak bersama ibunya, bernama Tiara. Ibunya hanya seorang penjual gorengan di pasar. Meskipun begitu, Tiara dan ibunya tak pernah mengeluhdengan keadaan ekonomi mereka. Siang itu, setelah pulang sekolah, Tiara segera menuju pasar menyusul ibunya di pasar setelah mengganti pakaiannya. Memang kegiatan sehari-harinya membantu ibunya berjualan, tak seperti anak-anak seumurannya, yag menghabiskan waktunya dengan bermain. Saat itu keadaan pasar sangat ramai, Tiara dan ibunya hampir kewalahan menangani pembeli, tetapi mereka bisa mengatasinya.

 

Setelah memberesi barang jualan, Tiara tak sengaja melihat dompet tergeletak di atas meja tempat ia berjualan, "Bu, ini dompet siapa?" tanya Tiara

 

"Lho, mungkin milik salah satu pembeli tadi. Coba kamu cek, siapa tahu ada KTP nya disana," ucap ibu. Tiaa membuka dompet tersebut, "Iya, Bu, ini ada kartu namanya," ucap Tiara.

 

"Kalau begitu segera kembalikan dompetnya, Nak. Pemilik dompet itu pasti sedang mencari-carinya," Tiara segera menuju alamat yang tertera dalam kartu namanya.

 

Sesampainya di sana, Tiara menatap sebentar alamat yang tertera, setelah memastikan, Tiara memasuki perumahan mewah itu, lalu mengetuk pintunya, "Assalamua'alaikum"

 

"Waalaikumussalam, eh, cari siapa, Nak?" tanya seorang wanita paruh baya

 

"Eh, apa benar ini rumah Bu Maria?" tanya Tiara

 

"Iya, saya sendiri, ada apa, Nak?" tanya ibu yang bernama Maria

 

"Eh, ini dompet ibu ketinggalan di tempat ibu jualan tadi," ucap Tiara

 

"Ya Allah, terimakasih banyak ya, Nak. Ibu tak tahu bagaimana nasib Ibu kalau sampai dompet ini hilang," ketika Ibu Maria hendak memberikan sejumlah uang kepada Tiara, Tiara segera menolaknya. Tiara hanya ingin menolong karena ia merasa kalau itu adalah kewajiaban kita sebagai manusia. Tiara ikhlas membantu Ibu Maria, Tiara tak pernah mengharap bahwa nanti ia akan mendapat imbalan dari perbuatannya.

 

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.