Masuk

Artikel - Biografi Tuanku Imam Bonjol

Biografi Tuanku Imam Bonjol

Oleh: Mar'atun Nadhifah (XI MIA-2)

 

 

 

       Tuanku Imam Bonjol lahir di Bonjol pada tahun 1772, nama aslinya adalah Muhammad Shahab. Ia lahir dari pasangan Bayanuddin dan Hamatun. Ayahnya adalah seorang alim ulama dari Sungai Rimbang, Suliki. Imam Bonjol belajar agama di Aceh pada tahun 1800-1802, dia mendapat gelar Malin Basa.

       Sebagai ulama dan pemimpin masyarakat setempat, Tuanku Imam Bonjol memperoleh beberapa gelar, antara lain yaitu Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam. Tuanku nan Renceh dari Kamang, Agam sebagai salah seorang pemimpin dari Harimau nan salapan yang menunjuknya sebagai imam (pemimpin) bagi kaum padri di Bonjol. Ia sendiri akhirnya lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Tuanku Imam Bonjol.

       Tuanku Imam Bonjol adalah salah satu pemimpin dan pejuang yang berjuang melawan Belanda, dalam peperangan ini dikenal dengan nama Perang Padri. Perang ini merupakan perang yang terjadi akibat pertentangan dalam masalah agama sebelum berubah menjadi peperangan melawan penjajahan.

       Perjuangan yang telah dilakukan oleh Tuanku Imam Bonjol dapat menjadi apresiasi akan kepahlawanannya dalam menentang penjajahan sebagai penghargaan dari pemerintah Indonesia. Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia sejak tanggal 6 November 1973.

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 29 Agustus 2020 12:35

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.