Logo
Cetak halaman ini

Artikel - Sekolah itu Ibadah

Sekolah itu Ibadah

Oleh: Lailatul Munawwaroh (12 IPA-1)

 

       "Sekolah itu berarti menuntut ilmu yang sangat diwajibkan oleh agama manapun... Sekolah adalah ibadah."

       Kurang lebih seperti itu iklan layanan masyarakat yang ditayangkan di stasiun-stasiun televisi untuk mensosialisasikan wajib belajar oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama yang dibawakan oleh toko-toko agama nasional. 

       Mungkin tujuannya adalah untuk lebih merangsang orangtua untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. Dan mungkin dengan mengambil motif ibadah terhadap pendidikan bisa menguatkan tujuan tersebut. Karena masyarakat Indonesia sangat kental dengan kehidupan religius. Masyarakat harus menyadari secara penuh bahwa memang pendidikan adalah kewajiban dasar manusia sebagai bagian dari ibadah, khususnya dalam ajaran Islam disebutkan bahwa "Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslimin dan muslimat dari buaian sampai liang lahat." 

       Juga melihat kondisi pembelajaran yang tidak efektif dan efisien. Kondisi pembelajaran yang terlalu ramai sehingga mengganggu pengunjung masjid yang beribadah.

       Madrasah hadir untuk menjawab keresahan masyarakat demi ketenangan dalam menuntut ilmu. Selanjutnya timbul tanya apakah benar madrasah ini lahir atas dasar orientasi akademik? Bagaimana perkembangan kelahirannya? Dan ilmu pengetahuan apa saja yang diajarkan didalamnya?

       Stresing point inilah yang akan dilacak secara perlahan dengan harapan secara bersama-sama menemukan pemahaman terhadap arah pergerakan perkembangan historis pendidikan Islam. Sebagai upaya gerakan intelektual yang juga ikut andil dalam menentukan arah perkembangan intelektual Islam.

       Lalu bagaimana cara merubah atau ikut peran dalam memajukan madrasah? Yaitu dengan mengharuskan adanya action bukan deskripsi.

Mari Peduli Madrasah!!!

Dari sisi apapun, pemberdayaan terhadap madrasah-madrasah mutlak diperlukan. Maka dari itu, mari berpatisipasi aktif dalam menyelesaikan persoalan-persoalan madrasah tersebut.

Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.