Logo
Cetak halaman ini

ARTIKEL-MADRASAHKU

MADRASAHKU

Nor Ika Anggraini-10 Mia 1

 

           Madrasah Aliyah Matholi'ul Huda Troso (disingkat MATROS) adalah jenjang pendidikan menengah atas pada pendidikan formal di Jepara tepatnya di Desa Troso yang setara dengan sekolah menengah atas. Pengelolaannya dilakukan oleh yayasan Matholi'ul Huda. Dan berlanjut kepada Kementrian Agama. Madrasah Aliyah Matholi'ul Huda Troso berdiri pada tanggal 21 Juli 2003 yang pada saat itu diketuai oleh K.H. Abdul Jalil Al-Hafidz. Madrasah Aliyah Matholi'ul Huda Troso memiliki visi "Luhur dalam Budi dan Tinggi dalam Prestasi". Juga memiliki motto "Maju untuk Berkhidmat."

          Jenjang kelas dalam waktu tempuh Masdrasah Aliyah sama seperti sekolah menengah atas. Mencerdaskan anak didik tentu adalah tujuan semua lembaga pendidikan. Tidak ada sekolah yang fokus mencari uang tanpa memikirkan nasib para generasi bangsa. Meski biaya MATROS cenderung mahal, namun hal ini sepadan dengan berbagai kelebihan yang didapat. Jika di MA MH Troso porsi pelajaran agama diberikan lebih banyak dan lama. Pada dasarnya kurikulum MATROS sama dengan kurikulum sekolah menengah atas, hanya saja pada MATROS terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. Berikut mata pelajaran yang diajarkan di MATROS selain mata pelajaran umum, seperti Al-Qur'an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Nasyid, dan lain-lain.

            Menjadi sebuah tempat untuk membuat anak berkarakter, tentu menjadikan sekolah sebagai tempat paling krusial dalam pembimbing anak. Untuk itulah, MATROS memiliki berbagai kelebihan yang mungkin tidak didapat di SMA. Nah, beberapa kelebihan MATROS adalah:

1. Bebasis agama yang kuat 

            Tidak hanya IPTEK yang diajarkan, namun juga agama. Inilah mengapa para lulusan MATROS sering menjadi seorang pribadi yang santun dan taat dalam beribadah. Pasalnya didalam materi pengajarannya, basis agama sangat diberikan dengan porsi banyak dan mendarah daging dengan kuat diotak anak-anak. Bahkan tidak hanya teori saja, anak-anak di MATROS juga dituntut untuk bisa praktek ibadah dengan berbagai materi yang mungkin tidak diajarkan di SMA. Padatnya jadwal terkadang membuat anak harus hafalan dirumah untuk kemudian disetor di sekolah. Selain menguatkan mental, hal ini tentu juga bagus untuk anak dalam menghabiskan waktunya dengan hal bermanfaat. 

2. Fasilitas berbanding lurus dengan biaya sekolah

            Umumnya, MATROS banyak dikelola oleh swasta. Sudah tentu, swasta lebih mahal dibanding biaya sekolah negeri. Namun jangan salah, mahalnya biaya disana juga berbanding lurus dengan besarnya dan baiknya fasilitas yang kita dapat. Tentu kita ingatkan semakin baik fasilitasnya, maka pendidikan juga semakin bagus. namun hal ini bukan berarti MATROS besutan pemerintah tidak baik. Sebaliknya, MATROS dengan banyak program beasiswa gratis dan memberikan kualitas pengajaran yang tidak kalah dibanding Sekolah Negeri. 

3. Kreativitas tanpa batas

            Setiap semester gasal, Madrasah Aliyah Matholi'ul Huda Troso mempunyai agenda yang mengasah kreatifitas siswa-siswinya dengan mengadakan lomba 5K antar kelas. Yang diikuti dari siswa-siswi kelas 10 sampai kelas 12. Tak hanya mengasah kreatifitas siswa-siswinya, dalam lomba 5K ini kerjasama antar siswa juga berperan penting sebagai lambang persatuan yang terjalin dalam kelas tersebut. 

Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.