Masuk

SEKOLAH BERASRAMA MEMBENTUK JATI DIRI YANG LEBIH KUAT

By : Shaleka Alaeka

 

Pendidikan berbasis asrama atau yang lebih sering disebut dengan boarding school merupakan salah satu bentuk alternatif pendidikan yang semakin menjadi tren di dunia pendidikan saat ini. 

Terdapat berbagai bentuk dan karakteristik pendidikan yang berbasiskan asrama atau boarding school. Sebagai orang awam, pengelompokan sekolah berasrama yang paling mudah diidentifikasi adalah asrama keagamaan dan juga asrama umum. 

Sekolah berasrama keagamaan adalah sekolah berbasis agama yang terfokus pada penguasaan ilmu-ilmu agama. Seperti, menghafal Al-Qur'an, kajian kitab kuning, dll.

Adapun sekolah berasrama umum adalah, sekolah-sekolah formal reguler yang mengikuti kurikulum nasional, kegiatan asramanya pun terfokus pada pendidikan-pendidikan umum. Sekolah berasrama model inilah yang banyak disinggung oleh 'Bapak Pendidikan Nasional Indonesia' yaitu Ki Hajar Dewantara, sehingga diyakini bahwa, pendidikan berbasis asrama adalah model pendidikan ideal di Indonesia.

Selain sebagai model pendidikan ideal di Indonesia, sekolah berbasis asrama juga  memiliki banyak manfaat untuk para siswanya. Baik manfaat dalam pembentukan jati diri ataupun kecerdasan otak.

 Manfaat-manfaat boarding school dalam pembentukan jati diri, antara lain:

1. Membuatmu menjadi lebih bertanggungjawab.

    Dengan peraturan khusu yang ada di asrama, akan mengajarkanmu untuk lebih bertanggung jawab pada dirimu sendiri.

    Walaupun mungkin pada awalnya akan terasa sangat berat untuk mematuhi peraturan-peraturan asrama, tapi seiring dengan berjalannya waktu            makan peraturan-peraturan tersebut akan berubah menjadi kebiasaan baik untukmu.

2. Mandiri

    Setelah resmi memasuki asrama, kamu harus siap melepaskan kenyamanan ala rumahan, dan juga ketergantungan pada orang tua.

    Karena di asrama kamu tidak akan lagi bisa bertemu kedua orangtuamu, ataupun menikmati fasilitas layaknya ketika berada di rumah.

    Di sini, kamu akan belajar untuk terbiasa mengurus segala sesuatunya sendiri. Dan dengan terbiasa melakukan segala sesuatu sendiri inilah yang          membuatmu cenderung percaya diri, dan lebih berani menjalani hidup.

3. Melatih kedisiplinan.

    Jika kemandirian penuh sudah menjadi rutinitas, rasa tanggung jawab pun semakin meninggi. Satu lagi manfaat yang bisa membentuk karaktermu        menjadi lebih baik. Yaitu, kedisiplinan.

 

Dengan bersekolah di asrama, hidupmu akan menjadi lebih teratur. Karena, seluruh kegiatan yang ada di sana sudah diatur juga terjadwal dengan baik. Baik itu jadwal kegiatan ataupun beribadah.

 Selain beberapa poin di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari sekolah berasrama. Namun, jika disimpulkan manfaat utama dari bersekolah di boarding school adalah kamu akan memiliki karakter dan kepribadian yang kuat.

Hal ini sangat bermanfaat untuk masa depanmu. Bagaimanapun juga, karakter dan kepribadian itu akan sangat berguna bagimu untuk hidup bermasyarakat.

Lebih lanjut dalam kategori ini: « ARTIKEL-MADRASAHKU

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.