Masuk

Tengok Taksi Baru New York, Kok Mirip Angkot?

Taksi Baru New York, Nissan NV200REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Taksi ikonik New York, sedan Crown Vics warna kuning yang berjajar di jalanan Manhattan sebentar lagi menjadi sejarah. Si pengganti, Nissan, yang terpilih pada 2011 sebagai 'Taksi Esok Hari' New York baru saja meluncurkan versi produk NV200 untuk taksi Kota New York.

Tidak seperti Ford tua yang selama ini berseliweran di kota Big Apple itu,  NV200 didesain sejak dari awal untuk menjadi taksi yang dibutuhkan sesuai kondisi New York

Setiap unit taksi mampu memuat empat penumpang plus bagasi mereka. Begitu di dalam, penumpang akan menjumpai atap yang sepenuhnya dari kaca hingga memungkinkan menikmati pemandangan langit. Tentu saja, atap kaca bisa menjadi petunjuk seberapa rajin si sopir membersihkan taksinya.

Bau apak khas taksi lawas juga akan pergi. Pasalnya, NV200 memiliki kerangka atap karbon dan serat antimikroba di dalam mobil yang mudah dibersihkan dan bersifat menetralisir bau.

Tak hanya itu, setiap taksi memiliki colokan sebagai fasilitas isi daya baterai bagi penumpang. Sementara di bawah kap tidak ada lagi mesin V8 melainkan mesin silinder 2.0.

Satu fitur yang mungkin sedikit bikin bekrenyit ialah klakson yang dilabeli 'gangguan-rendah'. Bukanya sudah seharusnya klakson harus berisik untuk mendapat perhatian pengguna lalu lintas lain?

Begitulah pemaparan sekilas tampilan NV200. Apakah cukup bagus? Bagi yang tidak puas dengan penampilan calon taksi baru dari Nissan, perlu tahu bahwa Ford saat ini juga tak ada yang menganggap cantik. Tapi bagi warga Indonesia, bisa jadi taksi itu mengingatkan pada angkutan kota hanya saja berkelir kuning.

Bila anda kebetulan sempat melancong ke sana, terima saja perubahan itu. Pasalnya, NV200 bakal menjadi taksi utama selama 10 tahun ke depan. Medallion, perusahaan pengelola taksi kotal diminta untuk menggantikan armada taksi mereka dengan NV200 seharga 27.900 dolar AS (Rp256 jutaan) mulai tahun 2013.

http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/12/04/04/m1y6fm-tengok-taksi-baru-new-york-kok-mirip-angkot

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.