Masuk

Wiih, Ini Dia Tiga Sosok Hiu Terbesar di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, Hiu sangat populer sebagai makhluk laut paling ganas. Bangsa-bangsa di kawasan Pasifik, seperti Hawaii bahkan punya mitos yang meyakini hiu sebagai penjaga samudera. Mereka menyebutnya Aumakua.

Sesungguhnya, tak semua jenis hiu tergolong berbahaya. Ukuran dan bobot tidak bisa dijadikan pedoman kekejaman hiu. Nah, guna mengenal penguasa lautan ini, tak ada salahnya kita simak tiga hiu terbesar di dunia.

Whale Shark

Inilah Whale Shark (Rhincodon Typus). Dia inilah yang merupakan hiu terbesar di dunia! Hiu paus dapat hidup sehingga 41 kaki (sekitar 12 meter) dan berat hingga 15 ton.

Meskipun besar, hiu paus (Whale Shark) tidak termasuk golongan buas, gerak mereka sangat lambat dan hanya memakan ‘phytoplankton’.

Populasinya ada di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat. Spesies yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.

Basking Shark

Hiu Basking yang punya nama latin  Cetorhinus Maximus ini menempati posisi sebagai ikan hiu terbesar kedua di dunia. Panjangnya bisa mencapai 40 kaki dan pernah tertangkap dengan berat hingga 19 ton. Meskipun berbadan besar, hiu jenis ini cenderung lambat dan bukanlah predator alias pemangsa, sama seperti hiu paus.

Great White Shark

Nah, kalau Great White Shark (Carcharodon Carcharias) punya karakteristik yang berbeda. Selain besar, hiu ini merupakan salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Hiu ini panjangnya bisa mencapai panjang hingga  26 kaki dan berat hingga 2.268 kilogram.

Hiu Great White adalah hiu terakhir dari jenis species, Carcharodon. Teritorialnya sangat luas, dapat ditemukan di lepas pantai semua lautan. Film "Jaws" terinspirasi dari hiu jenis ini.

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.